EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN STEAM BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI DAN KREATIVITAS SISWA SMP
EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN STEAM BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI DAN KREATIVITAS SISWA SMP
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepercayaan diri dan kreativitas siswa kelas VIII SMP Negeri 33 Makassar dan juga mengetahui efektivitas penerapan pendekatan STEAM berbasis Project Based Learning di SMP Negeri 33 Makassar. Sampel penelitian terdiri atas dua kelas yang kemudian dibagi menjadi kelas kontrol dan kelas eksperimen. Di mana kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa penerapan pendekatan STEAM berbasis Project Based Learning sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti dan instrument pendukung yang digunakan adalah angket respon siswa, angket kepercayaan diri siswa, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar observasi kreativitas siswa. Data yang diperoleh kemudian diuji secara statistik dan diinterpretasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kepercayaan diri siswa yang diajar dengan pendekatan STEAM berbasis Project Based Learning lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. (2) kreativitas siswa yang diajar dengan pendekatan STEAM berbasis Project Based Learning lebih baik daripada yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. (3) Penerapan Pendekatan STEAM berbasis Project Based Learning efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika materi lingkaran kelas VIII SMP Negeri 33 Makassar.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Amalia, D., Sutarto, J., & Pranoto, Y. K. S. (2022). Pengaruh pembelajaran jarak jauh bermuatan STEAM terhadap karakter kreatif dan kemandirian. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1233–1246. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1765.
Andhianto, P. A., Fitriani, Y., & Nuroniah, P. (2024). Penerapan pembelajaran STEAM berbasis proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5) di satuan PAUD. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 314–326. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.547.
Arsy, I., & Syamsulrizal. (2021). Pengaruh pembelajaran STEAM (science, technology, arts, and mathematics) terhadap kreativitas peserta didik. Biolearning Journal, 8(1), 24–27. https://doi.org/10.36232/jurnalbiolearning.v8i1.1019.
Asdar, F., Arwadi, F., & Rismayanti. (2021). Pendekatan pendidikan matematika realistik terhadap hasil belajar matematika dan self-confidence siswa SMP. Plusminus Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.857.
Budiyono, A., Husna, H., & Wildani, A. (2020). Pengaruh penerapan model pbl terintegrasi steam terhadap kemampuan berpikir kreatif ditinjau dari pemahaman konsep siswa. Jurnal Edusains, 12(2), 166–176.
Conradty, C., & Bogner, F. X. (2020). STEAM teaching professional development works: Effects on students’ creativity and motivation. Smart Learning Environments, 7(1), 26. https://doi.org/10.1186/s40561-020-00132-9.
Dywan, A. A., & Airlanda, G. S. (2020). Efektivitas model pembelajaran project-based learning berbasis STEM dan tidak berbasis STEM terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Basicedu, 4(2), 344–354. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.353.
Haase, J., Hoff, E. V., Hanel, P. H., & Innes-Ker, A. (2018). A meta-analysis of the relation between creative self-efficacy and different creativity measurements. Creativity Research Journal, 30(1), 1–16. https://doi.org/10.1080/10400419.2018.1411436.
Kurniati, A., Muhandaz, R., & Hamzah, F. A. (2017). Pengaruh penerapan metode pembelajaran kelompok buzz terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 3(2), 111–118. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3525.
Kusumaningtyas, D. A., Jumadi, & Istiyono, E. (2020). Buku panduan mahasiswa untuk pembelajaran STEM ISCIT. Yogyakarta: PT Viva Victory Abadi.
Lestari, N. A., Eraku, S. S., & Rusiyah. (2021). Pengaruh pembelajaran project-based learning berintegrasikan science, technology, engineering, and mathematics (STEM) terhadap hasil belajar geografi di SMA Negeri 1 Gorontalo. Jambura Geo Education Journal, 2(2), 70–77. https://doi.org/10.34312/jgej.v2i2.11587.
Lin, C. L., & Tsai, C. Y. (2021). The effect of a pedagogical STEAM model on students’ project competence and learning motivation. Journal of Science Education and Technology, 30(1), 112–124. https://doi.org/10.1007/s10956-020-09885-x.
Maryam, M., Kusmiyati, K., Merta, I. W., & Artayasa, I. P. (2020). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pijar MIPA, 15(3), 206–213. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i3.1355.
Ministry of Education and Culture of Republik Indonesia. (2016). Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia nomor 22 tahun 2016 tentang standar proses pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: Kemendikbud.
Ozkan, G., & Umdu Topsakal, U. (2021). Investigating the effectiveness of STEAM education on students’ conceptual understanding of force and energy topics. Research in Science & Technological Education, 39(4), 441–460. https://doi.org/10.1080/02635143.2020.1769586.
Pentang, J. (2023). Quantitative research instrumentation for educators. Wesleyan University.
Retnani, F. Y., Sukardjo, J. S., & Utomo, S. B. (2014). Penerapan metode numbered heads together (NHT) disertai Macromedia Flash untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa materi struktur atom, sistem periodik, dan ikatan kimia kelas XI IPA 4 SMA Negeri 2 Boyolali tahun pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 3(3), 57–65.
Smith, H. M. (2018). Exploring students’ internal motivation for engineering creativity: creative confidence and the arts. Queen’s University.
Subekti, Y., & Ariswan. (2016). Pembelajaran fisika dengan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 252–261. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.6278.
Widana, W., & Septiari, K. L. (2021). Kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran project-based learning berbasis pendekatan STEM. Jurnal Elemen, 7(1), 209–220. https://doi.org/10.29408/jel.v7i1.3031.
Zubaidah, S. (2019). STEAM (science, technology, engineering, arts, and mathematics): Pembelajaran untuk memberdayakan keterampilan abad ke-21. In Seminar Nasional Matematika Dan Sains, September (pp. 1-18).
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##