KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MATEMATIKA DARI PERSEPSI SISWA: SEBUAH SURVEI PADA SEKOLAH MENENGAH DI SULAWESI BARAT

KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MATEMATIKA DARI PERSEPSI SISWA: SEBUAH SURVEI PADA SEKOLAH MENENGAH DI SULAWESI BARAT

  • Fadhil Zil Ikram Universitas Sulawesi Barat
    (ID)
  • Nursyam Anaguna Universitas Sulawesi Barat
    (ID)
  • Aprisal Universitas Sulawesi Barat
    (ID)
  • Rosidah Universitas Negeri Makassar
    (ID)
  • Muhammad Takwin Machmud Universitas Negeri Medan
    (ID)
Kata Kunci: Pedagogik, Matematika, Guru, Kompetensi, Siswa

Abstrak

Hasil PISA 2022 dan studi pendahuluan yang dilakukan di Sulawesi Barat menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam matematika masih sangat kurang. Salah satu faktor penyebab rendahnya kemampuan siswa dalam matematika adalah terkait kompetensi pedagogik guru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan survei dengan tujuan untuk mendeskripsikan tingkat kompetensi pedagogik guru matematika di sekolah menengah di Sulawesi Barat dari persepsi siswa dan aspek mana saja dari kompetensi tersebut yang perlu dikembangkan. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa sekolah menengah di Sulawesi Barat dan sampelnya adalah 1.051 siswa sekolah menengah atas dan 988 siswa sekolah menengah pertama. Analisis yang digunakan adalah analisis statistika deskriptif dengan metode pengambilan sampel secara acak bertingkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih terdapat banyak guru matematika, baik di tingkat sekolah menengah pertama, maupun di sekolah menengah atas, yang kemampuannya tergolong kurang atau insufficient. Aspek dari kompetensi pedagogik guru yang kurang dan masih perlu dikembangkan adalah: (1) kemampuan untuk memahami karakteristik-karakteristik siswa; (2) kemampuan memilih materi yang sesuai dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran; (3) kemampuan memilih media dan sumber belajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa; (4) kemampuan membuat keputusan transaksional terkait situasi yang terjadi di kelas; (5) kemampuan integrasi dan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran; (6) kemampuan berkomunikasi dengan efektif; dan (7) kemampuan dalam evaluasi pembelajaran. Hasil penelitian ini dapat dijadikan pedoman bagi pemerintah, ahli, dan pengambil kebijakan untuk mengatasi masalah pengembangan kompetensi guru. Selain itu, hasilnya dapat digunakan untuk merancang serta menentukan arah kebijakan dan program pengembangan kompetensi pedagogik guru matematika di Sulawesi Barat.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Aditiya, N., & Fatonah, S. (2023). Upaya mengembangkan kompetensi guru penggerak di sekolah dasar pada kurikulum merdeka belajar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(2), 108–116. https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i2.p108-116.

Afalla, B. T., & Fabelico, F. L. (2020). Pre-service teachers’ pedagogical competence and teaching efficiency. Journal of Critical Reviews, 7(11), 223–228.

Amelia, U. (2023). Tantangan pembelajaran era society 5.0 dalam perspektif manajemen pendidikan. Al-Marsus: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 68–82.

Anggreini, D., & Priyojadmiko, E. (2022). Peran guru dalam menghadapi tantangan implementasi merdeka belajar untuk meningkatkan pembelajaran matematika pada era omicron dan era society 5.0. Prosiding Seminar Nasional PGSD, 1, 75–87.

Asih, N. P. R. T., Asni, M. F., & Widana, I. W. (2022). Profil guru di era society 5.0. Widyadari: Jurnal Pendidikan, 23(1), 85–93. Retrieved from https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/widyadari/article/view/1856.

Astini, N. K. S. (2022). Tantangan implementasi merdeka belajar pada era new normal covid-19 dan era society 5.0. Lampuhyang, 13(1), 164–180. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v13i1.298.

Azwar, S. (2013). Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baskara, A., & Sutarni, N. (2024). Kompetensi pedagogik guru SMA di Indonesia: Sebuah systematic literature review. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3481–3496. https://doi.org/10.58230/27454312.772.

Bempah, H. O., Abbas, N., & Djakaria, I. (2023). Komparasi kompetensi profesional guru matematika smp berdasarkan status sertifikasi. Jambura Journal of Mathematics Education, 4(1), 98–109. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v4i1.18219.

Bukit, S., & Tarigan, E. (2022). Kompetensi pedagogik guru dalam membentuk karakter peserta didik sekolah dasar. Widya Genitri: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 13(2), 110–120. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v13i2.490.

Creswell, J. W. (2015). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research (Fifth edition). Pearson Education Inc.

Daimah, U. S., & Suparni, S. (2023). Pembelajaran matematika pada kurikulum merdeka dalam mempersiapkan peserta didik di era society 5.0. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 4(2), 131–149. https://doi.org/10.36655/sepren.v4i02.888.

Enny, Y., & Sihotang, H. (2021). Penerapan sistem prodigy math game sebagai implementasi merdeka belajar dalam meningkatkan minat belajar siswa menengah atas. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3919–3927. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1230.

Farlina, E., Susilawati, W., Jihad, A., & Kariadinata, R. (2017). The competency of pedagogic and professional mathematics teachers is relevant to the curriculum. Proceedings of the 2nd International Conference on Sociology Education, 1, 392–394.

Hakim, A. (2015). Contribution of competent teacher (pedagogical, personality, professional competence, and social) on the performance of learning. The International Journal of Engineering and Science (IJES), 4(2), 1–12. Retrieved from www.theijes.com.

Hoesny, M. U., & Darmayanti, R. (2021). Permasalahan dan solusi untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas guru: Sebuah kajian pustaka. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(2), 123–132. Retrieved from https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/3595.

Ichsan, I., Sofianora, A., Desy, D., Suharyat, Y., Santosa, T. A., & Supriyadi, A. (2023). Pengaruh profesionalitas guru matematika dalam meningkatkan kompetensi siswa era revolusi industri 5.0 di Indonesia: Sebuah meta-analisis. Jurnal Math-UMB.EDU, 10(2), 49–58. https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v10i2.4868.

Ikram, F. Z., Anaguna, N., & Rosidah. (2023). The impacts of real action features in the Merdeka mengajar platform (PMM): Mathematics teacher’s perspective. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 11(2), 202–222. https://doi.org/10.24252/mapan.2023v11n2a1.

Ikram, F. Z. I., Anaguna, N., & Machmud, M. T. (2024). Competencies of West Sulawesi mathematics teachers from students’ perspective: What to develop? Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kependidikan, 12(2). Retrieved from https://edutainment.unmuhbabel.ac.id/index.php/Edutainment/article/view/918.

Irsyad, I., & Zamil, I. (2023). Analysis of high school teacher pedagogic competence. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 23(2), 190–200. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v23i2.1825.

Isnawan, M. G., & Wicaksono, A. B. (2020). Students mathematics learning achievement from mathematics teacher performance and principal managerial competencies point of view. Indonesian Journal of Mathematics Education, 3(2), 76–86. https://doi.org/10.31002/ijome.v3i2.3375.

Kahar, M. I., Cika, H., Afni, N., & Wahyuningsih, N. E. (2021). Pendidikan era revolusi industri 4.0 menuju era society 5.0 di masa pandemi covid 19. Moderasi: Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial, 2(1), 58–78. https://doi.org/10.24239/moderasi.Vol2.Iss1.40.

Kaskens, J., Segers, E., Goei, S. L., Van Luit, J. E. H., & Verhoeven, L. (2020). Impact of children’s math self-concept, math self-efficacy, math anxiety, and teacher competencies on math development. Teaching and Teacher Education, 94(103096). https://doi.org/10.1016/j.tate.2020.103096.

Koparan, T. (2017). Analysis of teaching materials developed by prospective mathematics teachers and their views on material development. Malaysian Online Journal of Educational Technology, 5(4), 8–28. Retrieved from https://mojet.net/index.php/mojet/article/view/111.

Lisnawati, I. (2018). The professionalism of Indonesian teachers in the future. Journal of Education, Teaching and Learning, 3(1), 28–33. Retrieved from https://www.learntechlib.org/p/209098/.

Lumbantoruan, J. H., & Nadeak, B. (2022). Mathematics teacher competency analysis during online learning. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 5(2), 214–221. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v5i2.132.

Maass, K., & Engeln, K. (2019). Professional development on connections to the world of work in mathematics and science education. ZDM, 51(6), 967–978. https://doi.org/10.1007/s11858-019-01047-7.

Mailizar, M., & Fan, L. (2019). Indonesian teachers’ knowledge of ict and the use of ict in secondary mathematics teaching. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 16(1), 110352. https://doi.org/10.29333/ejmste/110352.

Mailool, J., Retnawati, H., Arifin, S., Kesuma, A. T., & Putranta, H. (2020). Lecturers’ experiences in teaching soft skills in teacher profession education program (TPEP) in Indonesia. Problems of Education in the 21st Century, 78(2), 215–234. https://doi.org/10.33225/pec/20.78.215.

Malik, R. F., Riafadilah, A., Rahmi, R., & Puri, A. (2021). Peluang dan tantangan guru mi/sd menghadapi era society 5.0. Journal on Teacher Education, 2(2), 165–175. https://doi.org/10.31004/jote.v2i2.12389.

Mamoh, O., & Bete, H. (2019). Pengembangan diri guru-guru matematika se-kabupaten ttu melalui kegiatan bimtek penulisan proposal dan artikel ilmiah. Bakti Cendana, 2(2), 49–57. https://doi.org/10.32938/bc.2.2.2019.49-57.

Manik, H., Sihite, A., Sianturi, F., Panjaitan, S., & Hutauruk, A. J. B. (2022). Tantangan menjadi guru matematika dengan kurikulum merdeka belajar di masa pandemi omicron covid-19. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 328–332. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3048.

Mariscal, L. L., Albarracin, M. R., Mobo, F. D., & Cutillas, A. L. (2023). Pedagogical competence towards technology-driven instruction on basic education. International Journal of Multidisciplinary: Applied Business and Education Research, 4(5), 1567–1580. https://doi.org/10.11594/ijmaber.04.05.18.

Maullidina, K., Mulyani, E. S., & Atikah, C. (2023). Pengaruh profesionalisme guru terhadap kualitas pendidikan. Journal of Education Research, 4(4), 1731–1736. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.519.

Mega, K. I. (2022). Mempersiapkan pendidikan di era tren digital (society 5.0). Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 4(3), 114–121. https://doi.org/10.52005/belaindika.v4i3.87.

Mursyidah, N., & Muhammad, M. (2023). Arah baru pembelajaran pada mahasiswa di era society 5.0. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (JPMS), 9(1), 14–20. https://doi.org/10.36987/jpms.v9i1.3829.

Nambira, G. (2015). Analyzing the determinants of teachers’ mathematics teaching competencies in upper primary phase: evidence from Namibia. International Journal of Innovation and Economic Development, 2(4), 35–47. https://doi.org/10.18775/ijied.1849-7551-7020.2015.24.2004.

Nastiti, F., & Abdu, A. R. N. (2020). Kajian: Kesiapan pendidikan indonesia menghadapi era society 5.0. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 61–66. https://doi.org/10.17977/um039v5i12020p061.

Nento, S., & Abdullah, A. H. (2022). Analisis faktor penghantar upaya peningkatan kompetensi profesional guru. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(2), 85–95. https://doi.org/10.18860/jpai.v8i2.17601.

Ningtiyas, F. A., & Jailani. (2018). Does teacher’s training affect the pedagogical competence of mathematics teachers? Journal of Physics: Conference Series, 1097(1), 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1097/1/012106.

OECD. (2023). PISA 2022 results (volume I): The state of learning and equity in education. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/53f23881-en.

Otaya, L. G., Kartowagiran, B., & Retnawati, H. (2019). The estimation of teaching profession education (TPE) participants’ ability in Indonesia: an assessment model with partial scoring. Problems of Education in the 21st Century, 77(6), 790–805. https://doi.org/10.33225/pec/19.77.790.

Pardimin, P. (2018). Analysis of Indonesian mathematics teachers’ ability to apply authentic assessment. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 37(2), 170–181. https://doi.org/10.21831/cp.v37i2.18885.

Podkhodova, N., Snegurova, V., Stefanova, N., Triapitsyna, A., & Pisareva, S. (2020). Assessment of mathematics teachers’ professional competence. Journal on Mathematics Education, 11(3), 477–500. https://doi.org/10.22342/jme.11.3.11848.477-500.

Putri, R. A., Darmansyah, T., Nasution, S. R., Chaidir, M., Satya, E., & Fadhilah, F. (2023). Evaluasi prestasi kerja pendidik di era Society 5.0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 30887–30895. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.12026.

Radite, R., & Retnawati, H. (2023). Mathematics teacher competencies and self-efficacy in implementing the national curriculum. Jurnal Didaktik Matematika, 10(2), 187–204. https://doi.org/10.24815/jdm.v10i2.32653.

Rahayu, K. N. S. (2021). Sinergi pendidikan menyongsong masa depan Indonesia di era Society 5.0. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 87–100.

Ramdhani, M. R., & Adawiyah, R. (2023). Strategi peningkatan kompetensi guru sekolah kejuruan (SMK) islam swasta pada era 4.0. Progressive of Cognitive and Ability, 2(3), 180–191. https://doi.org/10.56855/jpr.v2i3.510.

Riowati, R., & Yoenanto, N. H. (2022). Peran guru penggerak pada merdeka belajar untuk memperbaiki mutu pendidikan di Indonesia. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(1), 1–16. https://doi.org/10.31539/joeai.v5i1.3393.

Runisah, R. (2021). Pembelajaran matematika untuk menghadapi era society 5.0. Euclid, 8(2), 159–173. https://doi.org/10.33603/e.v8i2.4498.

Sahabuddin, C. (2016). Hubungan komunikasi belajar mengajar terhadap hasil belajar peserta didik di sekolah menengah kejuruan negeri 1 kabupaten Majene. Pepatudzu: Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 10(1), 17–30. https://doi.org/10.35329/fkip.v10i1.35.

Saputra, H., Utami, L. F., & Purwanti, R. D. (2023). Era baru pembelajaran matematika: menyongsong society 5.0. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 5(2), 146–157. https://doi.org/10.31851/indiktika.v5i2.11155.

Siahaan, R. Y. K. P. (2022). Pendidikan era revolusi industri 4.0 menuju society 5.0. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra, 5(2), 94–98. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/PENDISTRA/article/view/2357.

Sidik, Z., & Sobandi, A. (2018). Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa melalui kemampuan komunikasi interpersonal guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 190–198. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11764.

Susantini, E., Kartowagiran, B., Hamdi, S., Hadi, S., Jaedun, A., Wesnawa, I. G. A., Sunendar, D., & Laliyo, L. A. R. (2022). Developing competency evaluation of pre-service science teachers in industrial revolution 4.0: revealing pedagogic and professional competencies. International Journal of Educational Methodology, 8(2), 347–362. https://doi.org/10.12973/ijem.8.2.347.

Susanto, R., Rozali, Y. A., & Agustina, N. (2020). Pedagogic competence development model: Pedagogic knowledge and reflective ability. Advances in Social Science, Education, and Humanities Research, 44, 19–23. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200323.082.

Syahruddin, Ernawati, A., Ede, M. N., Rahman, M. A., Sihes, A. J., & Daud, K. (2013). Teachers’ pedagogical competence in school-based management: a case study in a public secondary school at Pare-Pare, Indonesia. Journal of Education and Learning, 7(4), 213–218. https://doi.org/10.11591/edulearn.v7i4.18491.

Tandisau, A. L., & Murniarti, E. (2021). Kompetensi guru pembina dalam memberikan pelatihan dan pembimbingan siswa KSN. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2), 46–58. https://doi.org/10.51212/jdp.v14i2.8.

Warman. (2021). Establishing the governmental policy to promote engagement within the inclusive education system in Indonesia. Journal of Social Studies Education Research, 12(1), 124–148. Retrieved from https://www.learntechlib.org/p/219414/.

Wulandari, H., & Nurhaliza, I. (2023). Mengembangkan potensi guru yang profesional dalam proses belajar mengajar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(2), 2487–2509. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.990.

Yang, X., & Kaiser, G. (2022). The impact of mathematics teachers’ professional competence on instructional quality and students’ mathematics learning outcomes. Current Opinion in Behavioral Sciences, 48, 101225. https://doi.org/10.1016/j.cobeha.2022.101225.

Diterbitkan
2024-12-28
Bagian
Vol. 12 No. 2
Abstrak viewed = 196 times