DEVELOPMENT OF AUGMENTED REALITY-BASED MATHEMATICS LEARNING MEDIA TO FACILITATE STUDENTS' MATHEMATICAL COMPUTATIONAL THINKING SKILLS
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK
Abstrak
Perkembangan teknologi digital telah membawa dampak positif dalam dunia pendidikan, terutama dalam menciptakan media pembelajaran yang lebih interaktif dan inovatif. Integrasi Augmented Reality (AR) pada pembelajaran menjadi salah satu inovasi yang dapat memberikan pengalaman belajar baru bagi peserta didik dengan menghadirkan visualisasi konsep-konsep abstrak secara nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis AR guna memfasilitasi kemampuan berpikir komputasi matematis peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian melibatkan 16 orang peserta didik SMA Insan Cendekia Syekh Yusuf Gowa. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar validasi produk, angket respons peserta didik dan guru, serta tes kemampuan berpikir komputasi matematis. Analisis data penelitian difokuskan pada analisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran matematika berbasis Augmented Reality. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran matematika berbasis Augmented Reality yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Aisy, A. R., & Hakim, D. L. (2023). Kemampuan berfikir komputasi matematis siswa SMP pada materi pola bilangan. Didactical Mathematics, 5(2), 348–360. https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.6083.
Albar, R., Susilawati, S., & Fatmawati, D. P. (2022). Penerapan media pembelajaran berbasis augmanted reality pada materi phytagoras untuk meningkatkan literasi matematika siswa. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Tahun 2022, 3(1), 371–380.
Amrina, Z., Sari, S. G., Alfino, J., & Mahdiansyah, M. (2023). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis augmented reality untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 380–391. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1932.
Arifin, A. M., Pujiastuti, H., & Sudiana, R. (2020). Pengembangan media pembelajaran stem dengan augmented reality untuk meningkatkan kemampuan spasial matematis siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(1), 59–73. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i1.32135.
Cahdriyana, R. A., & Nurnugroho, B. A. (2023). Analisis kebutuhan pengembangan multimedia pembelajaran berbasis augmented reality untuk mengembangkan keterampilan berpikir komputasi. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 14(1), 9. https://doi.org/10.21927/literasi.2023.14(1).9-14.
Elly Nafsiah, & Tiur Malasari Siregar. (2023). Pengembangan media pembelajaran digital melalui pendekatan realistic mathematics education (RME) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Pendidikan, 2(2), 38–51. https://doi.org/10.55606/jurripen.v2i2.1516.
Fahmi, S., & Noviani, D. A. (2021). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis android menggunakan augmented reality pada materi bangun ruang sisi lengkung. Quadratic: Journal of Innovation and Technology in Mathematics and Mathematics Education, 1(2), 108–113. https://doi.org/10.14421/quadratic.2021.012-05.
Feby, R. S. B., & Siregar, T. M. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis web google sites berbantuan augmented reality untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 2(2), 294–302.
Hamzah, M. A. I., Alhusna, E., Ni’mah, M., Rahaju, E. B., & Wahyu, S. (2024). Penggunaan media pembelajaran berbasis augmented reality dalam meningkatkan hasil belajar matematika materi segitiga. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2).
Ihsan, H., Sutarmin, Arwadi, F., Zaki, A., & Naufal, M. A. (2021). Keterampilan berpikir komputasi pada matematika. Makassar: PT. Nas Media Indonesia.
Indahsari, L., & Sumirat, S. (2023). Implementasi teknologi augmented reality dalam pembelajaran interaktif. Cognoscere: Jurnal Komunikasi Dan Media Pendidikan, 1(1), 7–11. https://doi.org/10.61292/cognoscere.v1i1.20.
Jamna, N. D., Hamid, H., & Bakar, M. T. (2022). Analisis kemampuan berpikir komputasi matematis siswa SMP pada materi persamaan kuadrat. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 2(3). https://doi.org/10.33387/jpgm.v2i3.5149.
Jannah, R., & Oktaviani, R. N. (2022). Pengaruh penggunaan media augmented reality terhadap kemampuan literasi numerasi digital pada pembelajaran matematika materi penyajian data kelas V MI At-Taufiq. Jurnal Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 7(2), 123–138.
Jumaena, Salmilah, & Munir, N. P. (2024). Efektivitas media pembelajaran augmented reality (AR) pemodelan bangun ruang terhadap pemahaman konsep geometri siswa kelas V sekolah dasar pendahuluan. Refleksi, 12(3), 149–160.
Kamil, M. R., Imami, A. I., & Abadi, A. P. (2021). Analisis kemampuan berpikir komputasional matematis siswa kelas IX SMP negeri 1 Cikampek pada materi pola bilangan. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(2), 259–270.
Listiawan, T., & Antoni, A. (2021). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis augmented reality (AR) pada materi transformasi geometri. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 7(1), 43–52. https://doi.org/10.29100/jp2m.v7i1.2099.
Listiawan, T., Hayuningrat, S., & Anwar, M. K. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality pada materi bangun ruang. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 8(2), 1–10. https://doi.org/10.29100/jp2m.v8i2.3637.
Manikam, R., & Maat, S. M. (2023). Sorotan literatur bersistematik: Trend augmented reality dalam pengajaran dan pembelajaran matematik. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 8(1), e002046. https://doi.org/10.47405/mjssh.v8i1.2046.
Rahmadani, K., Azmi Rifaldi, U., Athoullah, Wiyono, Umam, H., & Nafrijal. (2024). Revolusi pendidikan indonesia di Era 5.0. Cendekia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 18(1), 65–71. https://doi.org/10.30957/cendekia.v18i1.886.
Rizal, S., & Yermiandhoko, Y. (2018). Pengembangan media pembelajaran matematika materi jaring-jaring kubus dan balok berbasis augmented reality pada kelas V sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(6), 989–998.
Rozi, F., Kurniawan, R. R., & Sukmana, F. (2021). Pengembangan media pembelajaran pengenalan bangun ruang berbasis augmented reality pada mata pelajaran matematika. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 6(2), 436–447. https://doi.org/10.29100/jipi.v6i2.2180.
Rusnandi, E., Sujadi, H., Fibriyany, E., & Fauzyah, N. (2015). Implementasi augmented reality (AR) pada pengembangan media pembelajaran pemodelan bangun ruang 3d untuk siswa sekolah dasar. Infotech Journal, 1(2), 24–31.
Sari, I. P., Batubara, I. H., Hazidar, A. H., & Basri, M. (2022). Pengenalan bangun ruang menggunakan augmented reality sebagai media pembelajaran. Hello World Jurnal Ilmu Komputer, 1(4), 209–215. https://doi.org/10.56211/helloworld.v1i4.142.
Setyawan, M. D., Hakim, L. E., & Aziz, T. A. (2023). Kajian peran virtual reality (VR) untuk membangun kemampuan dialogis siswa dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(02), 122–131. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i02.1592.
Sitorus, C. W., & Yahfizham, Y. (2024). Systematic literature review: Analisis kemampuan berpikir komputasi siswa menggunakan software matematika geogebra. PENDEKAR: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 2(3), 107–116. https://doi.org/10.51903/pendekar.v2i3.736.
Sungkono, S., Apiati, V., & Santika, S. (2022). Media pembelajaran berbasis teknologi augmented reality. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 459–470. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i3.1534.
Veronica, A. R., Siswono, T. Y. E., & Wiryanto. (2022). Hubungan berpikir komputasi dan pemecahan masalah polya pada pembelajaran matematika di sekolah dasar. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 115–126. https://dx.doi.org/10.24176/anargya.v5i1.7977.
Wulandari, A., Samijo, & Darsono. (2022). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis augmented reality. Seminar Nasional Matematika, Geometri, Statistika, Dan Komputasi SeNa-MaGeStiK 2022, 462–266.
Yanuarto, W. N., & Iqbal, A. M. (2022). Media pembelajaran augmented reality untuk meningkatkan kemampuan spasial matematis pada konsep geometri the augmented reality learning media to improve mathematical spatial ability in geometry concept. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(April), 31–40.
Yulianto, F., Ahmad, J., & Anwar, R. B. (2022). Pengembangan modul pembelajaran matematika materi limit fungsi aljabar berbasis discovery learning disertai nilai-nilai islam. Absis: Mathematics Education Journal, 4(1), 1. https://doi.org/10.32585/absis.v4i1.1960.
Yusup, A. H., Azizah, A., Rejeki, E. S., Silviani, M., Mujahidin, E., & Hartono, R. (2023). Literature review: Peran media pembelajaran berbasis augmented reality dalam media sosial. JPI: Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(5), 1–13. https://doi.org/10.59818/jpi.v3i5.575.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##