PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE MAKE A MATCH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative tipe make a match terhadap motivasi belajar fisika peserta didik. Desain penelitian yang digunakan adalah the matching only post-test control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 6 Wajo yang berjumlah 117 orang. Sampel berjumlah 42 orang yang diperoleh dengan teknik two step matching sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) motivasi belajar fisika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dikategorikan tinggi; 2) motivasi belajar fisika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran konvensional dikategorikan tinggi; 3)Tidak ada perbedaan motivasi belajar fisika antara peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dan model pembelajaran konvensional. Meskipun demikian, kedua model pembelajaran mampu memberikan dampak yang baik terhadap motivasi belajar fisika peserta didik, terlihat pada kategori motivasi belajar yang dimiliki peserta didik berada pada level tinggi.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Ari, N. L. P. M., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 189–197.
Artini, R. J., Adnyana, P. B., & Warpala, I. W. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match berbantuan Media Couple Card terhadap Materi Sistem Ekskresi pada Manusia Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Banjar. Jurnal Pendidikan Biologi Undiksha, 6(1), 33–43.
Cleopatra, M. (2015). Pengaruh Gaya Hidup dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2), 168–181. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i2.336
Dewi, E., & Muhajirin. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Makea Match Terhadap Motivasi Siswa Pada Konsep Sistem Gerak Pada Manusia Di SMA Negeri 1 Bandar Baru. Jurnal Sains Riset, 7(1), 38–41.
Doyan, A., Taufik, M., & Anjani, R. (2018). Pengaruh Pendekatan Multi Representasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 4(1), 35–45. https://doi.org/10.29303/jppipa.v4i1.99
Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 93–196.
Fauhah, H., & Brillian, R. (2021). Analisis model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa no title. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 9(2), 321–334. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/10080.
Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education (8th ed.). New York: McGraw-Hill.
Ikbal, M. S. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Children Learning in Science (CLIS) Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Karst : Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 4(2), 40–54. https://doi.org/10.46918/karst.v4i2.1127
Ikbal, M. S., Kamsinah, K., Dani, A. U., & S, N. (2021). The Influence of the Cooperative Script Model using the Gasing Method Assisted by Couple Card Media on Concept Understanding. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3), 424–429. https://doi.org/10.20527/jipf.v5i3.3927
Lestari, A. A., Muhajir, & Saputra, H. J. (2019). Keefektifan Model Make a Match Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Tema 5 Kelas V SDN Jatingaleh 01 Semarang. Elementary School, 6(2), 139–144.
Putra, N. T. E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Make A Match Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPS. Purwadita, 3(1), 94–100.
Rambega, U. L. (2016). Hubungan Antara Kemampuan Penalaran Formal dan Motivasi Belajar Fisika Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMPN 19 Bulukumba Kabupaten Bulukumba. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar, 4(3), 276–290.
Rubianto, E., Sahputra, R., & Hadi, L. (2016). Pengaruh Model Make a Match Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Sman 1 Semparuk. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(11), 1–13.
Siregar, S. (2014). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Suparta, D. G., Lasmawan, I. W., & Marhaeni, A. A. I. N. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Make A Match Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar IPS. E- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 5, 1–12.
Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Promosi: Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73–82. https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i1.89
Wibowo, K. P., & Marzuki, M. (2015). Penerapan Model Make a Match Berbantuan Media Untuk Meningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2(2), 158–169. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v2i2.7667
Yunas, T. B., & Rachmawati, M. A. (2018). Kemampuan Mengajar Guru dan Motivasi Belajar Fisika Pada Siswa di Yogyakarta. Psychopolytan : Jurnal Psikologi, 1(2), 60–75. http://jurnal.univrab.ac.id/index.php/psi/article/view/448