Kolaborasi Rangkaian Gaya Gerak Listrik Induksi dengan Hukum Orsted dalam Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 6 Bulukumpa Kabupaten Bulukumba Provinsi Sulawesi Selatan

  • Muhammad Qaddafi
  • Jusman Jusman
Kata Kunci: GGL Induksi, Hukum Oertsted, Kreativitas, Hasil Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa SMP Negeri 6 Bulukumpa dengan menggunakan kolaborasi rangkaian gaya gerak listrik induksi dengan hukum orsted. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IXc, kelas ini digunakan sebagai sampel karena kelas ini belum pernah diberikan praktikum dan juga prestasi belajar yang rendah.  Model penelitian ini yaitu one group pretest posttest design. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan uji-t diperoleh bahwa t tabel lebih kecil daripada t hitung. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa setelah melakukan pelatihan praktikum tentang kolaborasi rangkaian ggl induksi dengan hukum orsted terjadi peningkatan kreativitas dan hasil belajar fisika pada kelas IXc

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Giancoli, Douglas C. 2004. Fisika Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Ishaq, Mohammad. 2007. Fisika Dasar Eelektisitas dan Magnetisme . Yogyakarta : Graha Ilmu.

Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudjana, Nana,dkk. 2009. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Diterbitkan
2014-03-01
Bagian
Volume 2 Nomor 1, 2014
Abstrak viewed = 297 times

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##