PRACTICAL DEVELOPMENT OF ANDROID-BASED INTERACTIVE LEARNING MEDIA USING SMART APPS CREATOR (SAC) ON MEASUREMENT MATERIALS
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis android menggunakan Smart Apps Ceator (SAC) pada materi pengukuran yang praktis. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Development) dan Penyebaran (Disseminate). Pada tahap Pengembangan (Development) terdapat uji kepraktisan dan subjek penelitian ini adalah guru fisika dan siswa. Hasil dari uji kepraktisan yang telah diperoleh yaitu dengan skor kepraktisan sebesar 86% untuk uji coba kepraktisan guru fisika dengan kriteria sangat praktis, diperoleh skor kepraktisan sebesar 88,4% untuk uji coba kepraktisan kelompok kecil (small group) dan diperoleh skor kepraktisan sebesar 92,2% untuk uji coba kepraktisan kelompok besar (field group) dengan kriteria sangat praktis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis android menggunakan Smart Apps Creator (SAC) pada materi pengukuran melalui uji kepraktisan dengan instrumen angket penilaian uji kepraktisan yang telah dilakukan, telah memenuhi kriteria sangat praktis sehingga layak untuk digunakan kepada siswa di dalam proses pembelajaran.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Basaroh, A. S., Al Muhdhar, M. H. I., Prasetyo, T. I., Sumberartha, I. W., Mardiyanti, L., & Fanani, Z. (2021). Pengembangan E-Modul Model Eksperiental Jelajah Alam Sekitar (Ejas) Pada Materi Plantae. Jurnal Pendidikan Biologi, 12(1), 30-39.
Fatmianeri, Y., Hidayanto, E., & Susanto, H. (2021). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Differentiated Instruction untuk Pembelajaran Blended Learning. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(1), 50-62.
Hapsari, T. P. R. N., & Fitria, A. S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Mata Kuliah Evaluasi Pengajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA, 2(01), 11–20.
Haryadi, R., & Badriah, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Moodle. Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 10(1), 106–110.
Kurniawan, M. F. T., & Rohmani, L. (2019). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi android untuk meningkatkan hasil belajar kewirausahaan (studi pada kelas xi apk SMK Muhammadiyah 3 Singosari materi aspek organisasi). Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12(1), 72–77.
Mahadiraja, D., & Syamsuarnis. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Daring pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik T.P 2019/2020 di SMK Negeri 1 Pariaman. Jtev (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 06(01), 77–82.
Nabila, S., Adha, I., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Jurnal basicedu. 5(5), 3928–3939.
Sriwijayanti, R. P., Qomariyah, R. S. & Nurma, I. F. (2020). Pengembangan Media Adobe Flash Berbasis PAKEM di Sekolah Dasar. Jurnal PEDAGOGI, 7 (2), 92-105.
Suratno, Narulita, E., & Luthfia, S. (2018). Pengembangan Buku Siswa Berbasis Kontekstual Bermuatan Nilai-Nilai Agama Islam Pada Materi Bioteknologi Kelas XII SMA / MA (Development of Students ’ Book Contextual Learning Based Powered Islamic Values In Material Biotechnology In The XII SMA / MA Class. Jurnal Edukasi, 5(1), 45–48.
Umam, M. K. (2020). Dinamisasi Manajemen Mutu Persfektif Pendidikan Islam. Jurnal Al-Hikmah, 8, 61–74.