Analisis Employability Skill dan Literasi Sains Siswa Melalui Authentic Self-Assessment pada Kurikulum Merdeka di SMA Aceh Utara
Abstrak
Employability Skill dan literasi sains merupakan kemampuan yang harus dimiliki siswa agar dapat menjadi sumber daya manusia yang unggul dan dapat mengikuti tantangan perkembangan abad 21. Pengukuran keterampilan ini dilakukan dengan memanfaatkan instrumen penilaian berbentuk Authentic Self-Assessment. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitiatif, populasi penelitian merupakan siswa di Aceh Utara dan sampel nya diambil secara acak guna menganalisis kedua keterampilan tersebut. Analisis data menggunakan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil yang didapatkan adalah employability skills dan sikap ilmiah siswa berkategori sangat baik, ini menunjukkan penerapan kurikulum merdeka di sekolah juga sangat baik.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
[2] H. Sakdiah dan M. Jamilah, “Digital Literacy Students Facing To Independent Learning Independet Campus Curriculum,” Community Med. Educ. J., vol. 3, no. 1, hal. 217–222, 2022, [Daring]. Tersedia pada: https://www.hmpublisher.com/index.php/CMEJ/article/view/180/237
[3] Muliani, F. W. Ginting, dan H. Sakdiah, “Pelatihan Asesmen Hasil Belajar Digital Terintegrasi Quizizz Dan Google Form Sebagai Solusi Pembelajaran Di Masa New Normal,” J. Pengabdi. Magister Pendidik. IPA, vol. 5, no. 1, hal. 316–322, 2022, doi: 10.29303/jpmpi.v5i1.1165.
[4] R. H. Mardhiyah, S. N. F. Aldriani, F. Chitta, dan M. R. Zulfikar, “Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia,” Lect. J. Pendidik., vol. 12, no. 1, hal. 29–40, 2021, doi: https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813.
[5] D. Ariastika, “Penerapan Literasi Digital pada Pembelajaran IPA dalam Menghadapi Kesiapan Pendidikan di Era Society 5.0,” FORDETAK Semin. Nas. Pendidik. Inov. Pendidik. di Era Soc. 5.0, hal. 132–142, 2022, [Daring]. Tersedia pada: https://emea.mitsubishielectric.com/ar/products-solutions/factory-automation/index.html
[6] R. H. Mardhiyah, S. N. F. Aldriani, F. Chitta, dan M. R. Zulfikar, “Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia,” Lect. J. Pendidik., vol. 12, no. 1, hal. 29–40, 2021, doi: https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813.
[7] M. Suryaman, “Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar,” in Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra, 2020, hal. 13–28.
[8] T. Kuat, “Implementasi Employability Skills Pada SMK Program Keahlian Akuntansi Bidang Keahlian Bisnis Mamanejemen,” Int. Encycl. Educ., vol. 27, no. 2, hal. 368–375, 2017.
[9] Sumarno, “Employability Skills dan Pengaruhnya terhadap Penghasilan Lulusan SMK Teknologi Industri,” J. Kependidikan, vol. 38, no. 1, hal. 2–18, 2008.
[10] M. Gowsalya, G., & Ashok Kumar, “Employability skill: A literature review.,” Int. J. Adv. Res. Comput. Sci. Manag. Stud., vol. 3, no. 3, 2015.
[11] I. M. Suarta, N. S. Hardika, I. G. N. Sanjaya, dan I. W. B. Arjana, “Model Authentic Self-Assessment Dalam Pengembangan Employability Skills Mahasiswa Pendidikan Tinggi Vokasi,” J. Penelit. dan Eval. Pendidik., vol. 19, no. 1, hal. 46–57, 2015, doi: 10.21831/pep.v19i1.4555.
[12] F. Kasse, I. Ragil, dan W. Atmojo, “Analisis Kecakapan Abad 21 Melalui Literasi Sains Pada Siswa Sekolah Dasar,” Educ. Dev., vol. 10, no. 1, hal. 124, 2022, [Daring]. Tersedia pada: https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3322/2168
[13] A. R. Tiro, Y. Nidiasari, dan N. Massa, “Analisis Pemahaman Konsep Literasi Sains Pada Mahasiswa Pendidikan IPA FKIP UNIMUDA Sorong,” BASA (barom. Sains) …, 2020, [Daring]. Tersedia pada: https://unimuda.e-journal.id/basa/article/view/369%0Ahttps://unimuda.e-journal.id/basa/article/download/369/311
[14] N. Nurhasanah, J. Jumadi, L. D. Herliandry, M. Zahra, dan M. E. Suban, “Perkembangan Penelitian Literasi Sains Dalam Pembelajaran Fisika Di Indonesia,” Edusains, vol. 12, no. 1, hal. 38–46, 2020, doi: 10.15408/es.v12i1.14148.
[15] H. Fives, W. Huebner, A. S. Birnbaum, dan N. Mark, “Developing a measure of scientific literacy for middle school students,” Sci. Educ., vol. 98, no. 4, 2014.
[16] M. A.A.I.N dan L. P. Artini, “ASESMEN AUTENTIK DAN PENDIDIKAN BERMAKNA: IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013,” J. Pendidik. Indones., vol. 4, no. 1, hal. 161–180, 2015, doi: 10.1300/J104v33n03_08.
[17] G. T. L. Brown dan L. R. Harris, “Student self-assessment. Dalam J. H. McMillan (Ed.), The Sage handbook of research on classroom assessment,” CA, 2013.
[18] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta, 2012.
[19] M. Pasaribu dan M. Subhan, “Employability Skills Siswa Dalam Perencanaan Karir Siswa Kelas XII Di Sekolah Menengah Kejuruan,” J. Adm. Pendidik. dan Konseling Pendidik., vol. 3, no. 2, hal. 59–65, 2022.
[20] I. Hanafi, “Hanafi, I Re-orientasi keterampilan kerja lulusan pendidikan kejuruan,” J. Pendidik. Vokasi, vol. 2, no. 1, hal. 107–116, 2013, doi: https://doi.org/10.21831/jpv.v2i1.1021.
[21] S. Diana, A. Rachmatulloh, dan E. Sri Rahmawati, “Profil Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA Berdasarkan Instrumen Scientific Literacy Assesments (SLA),” Semin. Nas. XII Pendidik. Biol. FKIP UNS, hal. 285–291, 2015.
[22] J. Jufrida, F. R. Basuki, M. D. Pangestu, dan N. A. Djati Prasetya, “Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA Dan Literasi Sains Di SMP Negeri 1 Muaro Jambi,” EduFisika, vol. 4, no. 02, hal. 31–38, 2019, doi: 10.22437/edufisika.v4i02.6188.
[23] I. Sumarsih, T. Marliyani, Y. Hadiyansah, A. H. Hernawan, dan P. Prihantini, “Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 6, no. 5, hal. 8248–8258, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i5.3216.