PERBANDINGAN KEMAMPUAN KERJASAMA DAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DAN MODEL KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY

  • Riska Riska
    (ID)
  • Safei Safei
    (ID)
  • Ahmad Afiif
    (ID)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan  kerjasama dan berpikir kreatif peserta didik melalui  penerapan  model kooperatif tipe Thing Pair Share dan model kooperatif tipe two Stay Two Stray  pada  mata pelajaran Fisika kelas VII  MTs Negeri Balang-Balang. Jenis penelitian ini adalah penelitian Pre-experimental Design. Sampel dari penelitian tersebut adalah peserta didik kelas VII MTs Negeri Balang-balang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala psikologi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan teknik analisis inferensial.Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh skor rata-rata kerjasama dan berpikir kreatif peserta didik yang diajar dengan model kooperatif tipe Think Pair Share siswa adalah 62,93 dan 62,21, berada pada kategori tinggi dan skor rata-rata kerjasama dan berpikir kreatif peserta didik yang diajar dengan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray siswa adalah 57, 69 dan 58,33 berada pada kategori tinggi. Hasil analisis inferensial kemampuan kerjasama dan berpikir kreatif peserta didik yang diajar dengan model kooperatif tipe Think Pair Share siswa menunjukkan nilai thitung 1,10 sedangkan tTabel pada taraf signifikan 5% adalah 2,01. Dengan demikian, nilai thitung lebih kecil dari pada nilai tTabel maka Ho di terima, artinya tidak terdapat perbedaan yang signifakan. Sedangkan hasil analisis inferensial kemampuan kerjasama dan berpikir kreatif peserta didik yang diajar dengan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray peserta didik menunjukkan nilai thitung 1,00 sedangkan tTabel pada taraf signifikan 5% adalah 2,01. Dengan demikian, nilai thitung lebih kecil dari pada nilai tTabel maka Ho di terima, artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Poerwadarminta. 2007. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Hasibuan dan moedjiono. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda

Alma, Buchari.2009. Guru Profesional Menguasai metode dan Terampil Mengajar. Bandung : Alfabeta.

Diterbitkan
2017-03-01
Bagian
Volume 3 Nomor 1, 2015
Abstrak viewed = 165 times

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

> >>