Analisis Kualitas Buku Teks Matematika SMA Kelas X Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Berdasarkan Pendekatan Saintifik
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas isi buku teks matematika SMA kelas X Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 berdasarkan indikator dalam pendekatan saintifik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggambarkan atau menjelaskan secara sistematis mengenai fakta atau peristiwa tertentu. Prosedur dalam penelitian ini terdiri dari : (1) tahap persiapan, dengan memilih buku teks matematika SMA kelas X edisi revisi 2017, (2) melakukan studi pustaka untuk mengetahui bagaimana kualitas buku teks matematika tersebut berdasarkan pendekatan saintifik, (3) penarikan kesimpulan data yang telah didapatkan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh kualitas buku teks matematika tersebut pada setiap bab yaitu pada Bab 1 sebanyak 60%, Bab II sebanyak 70 %, Bab III sebanyak 50 %, Bab IV sebanyak 60 %. Sedangkan untuk jumlah keseluruhan Bab pada buku teks berdasarkan pendekatan saintifik sebanyak 60%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas buku teks matematika SMA kelas X kurikulum 2013 berdasarkan pendekatan saintifik termasuk dalam kategori cukup dengan diterapkannya indikator-indikator dalam pendekatan saintifik.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
A Agnes, P., & Omoniyi Mathew, O. (2019). Does Math-Anxiety Effect Senior School Students’ Mathematics Performance? Evidence From Ekiti State, Nigeria. Journal of Mathematics Education, 4(2).
Anwar, R. (2014). Hal-hal yang mendasari penerapan Kurikulum 2013. Humaniora, 5(1), 97–106.
Djaali, H., & Muljono, P. (2008). Pengukuran dalam bidang pendidikan. Jakarta: Grasindo, 2(8).
Fatimah, & Sari, R. D. K. (2018). Strategi Belajar & Pembelajaran dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 108–113.
Fendos, J. (2017). Scientific Teaching and Active Learning yet to Revolutionize Education in East Asia. Asian Education Studies, 2(4), 1. https://doi.org/10.20849/aes.v2i4.210
Fuad, A., & Nugroho, K. S. (2014). Panduan praktis penelitian kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Imran Sinaga, A., Salamuddin, S., & Khairini, D. (2020). Patterns of Islamic Education Learning in Applying 2013 Curriculum in SMPN 27 Medan. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(3), 1551–1557. https://doi.org/10.33258/birle.v3i3.1231
Irawan, P., Ferwerda, J. A., & Marschner, S. R. (2005). Perceptually Based Tone Mapping of High Dynamic Range Image Streams. Rendering Techniques, 231–242.
Kemendikbud. (2013). Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum,. Jakarta: Permendikbud.
Kriyantono, R., & Sos, S. (2014). Teknik praktis riset komunikasi. Prenada Media.
Lang, H. G. (2016). Teaching Science. Deaf Learners, 9781563683, 57–74. https://doi.org/10.2307/3959739
Lutvaidah, U. (2016). Pengaruh Metode dan Pendekatan Pembelajaran terhadap Penguasaan Konsep Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 279–285. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.653
Muh. Alwan Haris, Kusumayanti, A., Andi Dian Angriani, & Nidya Nina Ichiana. (2022). Analisis Kualitas Buku Teks Matematika Smk Kelas Xi Kurikulum 2013 Edisi Revisi Tahun 2017 Berdasarkan Pendekatan Saintifik. Al Asma : Journal of Islamic Education, 4(1), 49–60. https://doi.org/10.24252/asma.v4i1.29071
Mukaromah, H. (2020). Analisis Buku Teks Matematika Kurikulum 2013 Kelas VII Semester 1 Edisi Revisi 2017 Ditinjau dari Implementasi Pendekatan Saintifik. Institut Agama Islam Negeri Salatiga.
Muslich, M. (2016). Text Book Writing Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. PT Remaja Rosdakarya.
Purwanto, M. N. (2019). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran.
Supriyadi. (2018). Kualitas Buku Teks Bahasa Indonesia yang Digunakan di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Kependidikan, 2(1), 39–55. https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/10122/pdf
Susanti, M. (2015). Konstruktivisme Dalam Pembelajaran Matematika sekolah. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Uny 2015.
Susilana, R. (2014). Pendekatan saintifik dalam implementasi kurikulum 2013 berdasarkan kajian teori psikologi belajar. Edutech, 13(2), 183–193.
Uno, Hamzah BUno, H. B. (2014). M. pembelajaran menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif. (2014). Model pembelajaran menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif.