Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Terintegrasi Nilai Islam pada Materi Bangun Datar Kelas VII

  • Hasri Muliati Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Andi Halimah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Andi Ika Prasasti Abrar Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: Media Ular Tangga, Nilai Islam, Bangun Datar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik media pembelajaran yang dikembangkan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi bangun datar.   Penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembagan ADDIE dengan lima tahap, yaitu: (1) Tahap analisis (Analysis), (2) Tahap desain (Design), (3) Tahap  pengembangan (Development), (4) Tahap  penerapan (Implementation) dan (5) Tahap evaluasi (Evaluation). Produk yang dikembangkan berupa media pembelajaran ular tangga terintegrasi nilai Islam yang memuat materi bangun datar. Tahap uji coba dilakukan 2 kali yaitu pertama, uji coba terbatas yang diujicobakan kepada 10 orang peserta didik kelas VII.B yang dipilih secara acak dan uji coba lapangan diujicobakan di kelas yang sebenarnya yaitu kelas VII.A dengan jumlah peserta didik 20 orang.  Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa, (1) Kevalidan, rata- rata hasil validasi untuk media dan semua instrumen penelitian adalah 85.6% yang berarti media dan instrumen tersebut berada pada kategori sangat valid, (2) Praktis, rata- rata seluruh aspek kepraktisan media adalah 92% berada pada kategori sangat baik, (3) rata-rata seluruh aspek keefektifan adalah 89.9% berada pada kategori sangat baik, sehingga pengembangan media pembelajaran ular tangga yang dilakukan telah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Amarta, U. A. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Ulartangga Cobaku Terhadap Hasil Belajar IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(5).

Ariyanto, B., Chamidah, A., & Suryandari, S. (2020). Pengembangan Media Ular Tangga Terhadap Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Sederhana Pada Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(16650001), 85–99.

Atmoko, S. W., Cahyadi, F., & Listyarini, I. (2017). Pengembangan media utama (ular tangga matematika) dalam pemecahan masalah matematika materi luas keliling bangun datar kelas III SD/MI. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(1), 119–128.

Baiquni, I. (2016). Penggunaan media ular tangga terhadap hasil belajar metematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 1(2), 193–203.

Ferryka, P. Z. (2018). Permainan ular tangga dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar.

Habibati, H., Hasan, M., & Afriza, R. (2017). The Development of Snake Ladder Game Media in Compound’s Nomenclature Subject for Tenth Graders at SMAN 16 Banda Aceh. Proceedings of AICS-Social Sciences, 7, 755–762.

McKenzie, W. (2005). Multiple Intelligences and Instructional Technology - Walter McKenzie. In International Society For Tecnology in Education (ISTE).

Nafiah, R. N. (2014). Penggunaan Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Kelas III A SDN Nogopuro Sleman. Skirpsi, Tidak Diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Nurdyansyah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. UMSIDA Press.

Nurjanah, M. (2021). INTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MADRASAH IBTIDAIYYAH. Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 13(2), 38–45.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171.

Nusa Putra. (2012). Research & Development. Rajawali.Pers.

Ramli, M. (2012). Media Teknlogi Pembelajaran. IAIN Antasari Press, 1–3.

Setyono, T., Eka, L., & Deswita, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Macromedia Flash Pada Materi Bangun Ruang Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. 1–10.

Wahid, A. (2018). Jurnal Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Istiqra: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 5(2).

Widianto, T. R. (2017). Pengembangan Permainan Kartu Uipa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Interaksi Antar Makhluk Hidup. PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS, 5(1).

Diterbitkan
2022-12-01
Bagian
Vol. 4 No. 2
Abstrak viewed = 217 times