Analisis Soal dalam Buku Teks Matematika Kelas VIII Edisi Revisi 2017 Terbitan Kemendikbud Berdasarkan Dimensi Kognitif TIMSS 2019
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan soal uji kompetensi semester 1 dan semester 2 yang terdapat dalam buku teks matematika SMP/MTs kelas VIII edisi revisi 2017 terbitan kemendikbud berdasarkan dimensi kognitif TIMSS 2019. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah soal uji kompetensi semester 1 dan uji kompetensi semester 2 yang terdapat dalam buku matematika SMP/MTs kelas VIII edisi revisi 2017 yang ditulis oleh Abdur Rahman As’ari, Mohammad Tohir, Erik Valentino, Zainul Imron dan Ibnu Taufiq yang berjudul “Matematika” SMP/MTs kelas VIII. Teknik pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah dengan menggunakan metode dokumentasi Hasil analisis data menunjukkan bahwa soal dengan dimensi kognitif pengetahuan (knowing) mendominasi materi bilangan yang ditandai dengan penyajian soal secara eksplisit sehingga dalam proses penyelesaian soal tanpa melakukan analisis terlebih dahulu. Kemudian soal dengan dimensi kognitif penerapan (applying) mendominasi materi geometri yang ditandai dengan penyajian soal berupa masalah rutin dengan proses kognitif penyelesaian soal menggunakan konsep dan menyajikan informasi matematika ke dalam model matematika, serta soal dengan dimensi kognitif penalaran (reasoning) mendominasi materi aljabar yang merupakan tingkatan kognitif tertinggi dan penyajian soalnya berupa masalah nonrutin.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Amrina Rizta, Zulkardi, Y. H. (2013). Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 2, 230–240.
Giani, Z. dan C. H. (2012). Analisis Tingkat Kognitif Soal-soal Buku Teks Matematika Kela VII Berdasarkan Taksonomi Bloom.
Gunawan, G., Pgri, U., Jalan, Y., & Sonosewu, P. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Konstruktivisme Developing Mathematics Learning Kits Based on Contructivism. 12(117), 47–56.
Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study). Prosiding Seminar Nasional.
Ina Magdalena, Amilanadzma Hidayah, T. S. (2021). Kognitif , Afektif , Psikomotorik Siswa Kelas II B SDN Kunciran 5 Tangerang. Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3, 48–62.
Lessani, A., Yunus, A. S. M., Tarmiz, R. A., & Mahmud, R. (2014). Why Singaporean 8th grade students gain highest mathematics ranking in TIMSS (1999-2011). International Education Studies, 7(11), 173–181. https://doi.org/10.5539/ies.v7n11p173
O-Martin, I. V. S. M. dan M. (2019). Assessment Frameworks. TIMSS & PIRLS International Study Center.
Rosyita Anindyarini. (2017). Pemetaan Aspek Kognitif Soal pada Buku Ajar Matematika SMP Kelas VII Kurikulum 2013 Edisi Revisi. Naskah Publikasi, 1–13.
Sri Wardani, R. (2011). Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP : Belajar dari PISA dan TIMSS. Kementerian Pendidikan Nasional.
Subandriah, M. R., Irawan, D. Y., & Prihantoro, A. (2013). Masduki, Marlina Ratna Subandriah, Dhiki Yudha Irawan, Agus Prihantoro. November, 978–979.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Supriana, S., & Rahmat, T. (2022). Analisis aspek kognitif TIMSS pada soal latihan buku ajar matematika kelas VIII Kurikulum 2013 semester II. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(6), 549–559. https://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner/article/view/13380
Suyatno, E. (2016). Taksonomi Timss Pada Buku Teks Matematika Smp / Mts Kelas Viii Kurikulum 2013.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##