Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay-Two Stray Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas VIII SMPN 6 Moncongloe Kab. Maros

  • Harsuci Ramadhani Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Mardhiah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Suharti Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ruslimin Universitas Muhammadiyah Enrekang
    (ID)
  • Satriawati Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay-Two Stray, Kemampuan Komunikasi Matematis, Kemampuan Pemecahan Masalah

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe two stay-two stray terhadap kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMPN 6 Moncongloe Kabupaten Maros. Penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperiment dengan desain penelitian Non Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas VIII SMPN 6 Moncongloe berjumlah 128 orang dengan sampel pada kedua kelas masing-masing berjumlah 32 orang siswa. Instrumen penelitian ini adalah tes kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematika yang berupa tes pretest dan posttest. Teknik analisis yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji beda rataan multivariat. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kemampuan komunikasi matematis siswa setelah penggunaan model pembelajaran two stay-two stray berada dikategori tinggi dengan persentase 56.25%. (2) kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay-two stray memiliki pengaruh signifikan berdasarkan output test of beetween-subjects effect yaitu kemampuan komunikasi matematis siswa memiliki signifikansi  sehingga nilai tersebut kurang dari  (3) kemampuan pemecahan masalah matematika yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay-two stray  memiliki pengaruh signifikan berdasarkan output test of beetween-subjects effect yaitu pemecahan masalah matematika siswa memiliki signifikansi  sehingga nilai tersebut kurang dari  (4) terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran kooperatif tipe two stay-two stray terhadap kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dibuktikan dengan output multivariate test pada bagian effect dari kelas baik menurut Pillai’s Trace, Wilks’ Lambda, Hotelling’s Trace, dan Roy’s Largest Root semua nilai signifikansi   sehingga kurang dari 0.05 (0.0001<0.05).

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Depdiknas. (2004). Pedoman Penilaian Kelas.

Hidayat. (2011). Model-Model Pembelajaran Berbasis PAIKEM. CV. Siliwangi & CO.

Kadiriandi, R., & Ruyadi, Y. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Model Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Sosiologi di SMA Pasundan 3 Bandung. Sosietas, 7(2), 429–433. https://doi.org/10.17509/sosietas.v7i2.10362

Kemendikbud. (2019). Peringkat dan Capaian PISA Indonesia Mengalami Peningkatan. https://www.kemdikbud.go.id

Mahardhikawati, E., Mardiyana, & Setiawan, R. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Langkah-Langkah Polya Pada Materi Turunan Fungsi Ditinjay Dari Kecerdasan Logis-Matematis Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 7 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika (JPMM), 1(4), 119–128.

Miftahul, H. (2016). Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Terapan. Pustaka Pelajar.

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). (2000). Principles and standard for School Mathematics. Reston: NCTM.

Nurhikmayati, I. (2018). Pengaruh Model Two Stay Two Stray Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 3(1), 49–57. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.1319284

Sari, A., & Azmi, M. P. (2018). Penerapan Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (Tsts) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 164–171. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.42

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV. Alfabeta.

Susanto. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana.

Diterbitkan
2023-05-31
Bagian
Vol. 5 No. 1
Abstrak viewed = 159 times