Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat Berdasarkan Teori Polya
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dan menganalisis faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal persamaan kuadrat. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas IX A terdiri dari 16 siswa kemudian dipilih 3 siswa berdasarkan kemampuan kategori tinggi, sedang, dan rendah yang diperoleh setelah diberikan soal tes. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen tes berupa dua butir soal yang memenuhi indikator teori Polya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat empat kesalahan dalam menyelesaikan soal persamaan kuadrat: (1) kesalahan memahami masalah yaitu tidak dapat menuliskan informasi terkait masalah apa yang diketahui pada soal; (2) kesalahan membuat rencana yaitu tidak dapat mengubah kalimat soal ke dalam model matematika serta kesalahan dalam memilih langkah-langkah penyelesaian, (3) kesalahan melaksanakan rencana yaitu kesalahan penulisan jawaban akhir, (4) kurang menguasai konsep operasi hitung dan memeriksa kembali jawaban. Faktor penyebab kesalahan pemahaman siswa yaitu siswa kurang dalam memahami konsep, kesulitan dalam pemodelan matematika, serta siswa kurang teliti dalam keterampilan berhitung.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Aini, N. N., & Mukhlis, M. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Soal Cerita Matematika Berdasarkan Teori Polya Ditinjau Dari Adversity Quotient. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(1), 105–128. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2020.v2i1.105-128
Akramunnisa. (2017). Ability Analysis Based On Math Problem Completing The Early Math Skills And Cognitive Style Class Viii Smpn 13 Makassar. Jurnal Daya Matematis, 5(1).
Efendi, J. F., & Pratama, R. A. (2020). Defragmenting Proses Berpikir Pseudo Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 651–661. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2956
Farida, N. (2015). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Matematika. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(2), 42–52. https://doi.org/10.24127/ajpm.v4i2.306
Fathurohman, I., Setiani, Y., & Fakhrudin. (2023). Analisis Kesalahaan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tingkat Tinggi Berdasarkan Teori Polya. Wilangan: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 152–159. http://www.jurnal.untirta.ac.id/index.php/wilangan
Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran Matematika yang Bermakna. 2(3).
Harahap. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif (Pertama). Wal ashri Publishing.
Katon, K. S., & Arigiyati, T. A. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Polya Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. In Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.
Mahmudah, I. D., & Sutarni, S. (2017). Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Program Linier Bentuk Cerita Berbasis Newman Di Man Salatiga. http://hdl.handle.net/11617/8775
Mulana, I. M. B. (2021). Pendidikan Matematika Realistik dalam Pendidikan Matematika. In Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY (Vol. 44, Issue 2).
Ngilawajan, D. A. (2013). Proses Berpikir Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Turunan Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Independent Dan Field Dependent. Jurnal Pendidikan Matematika Pedagogia, 2(1), 71–83.
Nurhikmah, S., & Febrian, F. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Integral Tak Tentu. Jurnal Tatsqif, 14(2), 218–237. https://doi.org/10.20414/jtq.v14i2.30
Pratiwi, S. A., & Ariyanto. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linear Satu Variabel Berdasarkan Teori Polya Kelas Vii Smp Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019 [Universitas Muhammadiyah Surakarta]. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/71876
Putri, S. M. (2019). Identifikasi Kesalahan Siswa Berdasarkan Newman Dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Persamaan Kuadrat Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Silogisme: Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 4(1), 21–29. https://doi.org/10.24269/silogisma.v4i1.1368
Rahmawati, R., & Ikashaum, F. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Teori Newman. Hipotenusa Journal Of Research Mathematics Educatio, 4(2).
Siahaan, E. M., Dewi, S., & Said, H. B. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Teori Polya Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent Dan Field Independent pada Pokok Bahasan Trigonometri Kelas X Sma N 1 Kota Jambi. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 100–110. https://doi.org/10.33087/phi.v2i2.37
Sutisna, E., & Pujiastuti, H. (2023). Systematic Literature Review: Adversity Quotient pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berdasarkan Tahapan Polya. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 7(1), 192. https://doi.org/10.33603/jnpm.v7i1.8052
Syahda, U., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Berdasarkan Teori Polya. JKPM: Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 6(1), 75–82. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.6610
Wildani, J., Triyana, I. W., & Mahmudah, W. (2019). Literasi Statistis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Gresik. Vigotsky Journal, 1(2), 99–110.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##