Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Papan Berpasangan pada Materi Operasi Bilangan Bulat terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik
Abstrak
Pemahaman konsep operasi hitung bilangan bulat yang sifatnya abstrak perlu adanya alat peraga seperti benda konkret yang dapat memberikan visualisasi kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga papan berpasangan pada materi operasi bilangan bulat terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimental design dan desain penelitiannya one-group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN 103 Kalimporo yang berjumlah 32 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh sehingga sampel dalam penelitian ini adalah kelas V. Instrumen yang digunakan berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan analisis regresi sederhana dan uji-t diperoleh persamaan regresi . Dengan nilai uji-t diperoleh nilai yaitu , dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan alat peraga papan berpasangan pada materi operasi bilangan bulat terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SDN 103 Kalimporo.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Agung, R. (2019). Analisis teori perkembangan kognitif piaget pada tahap anak usia operasional konkret 7-12 tahun dalam pembelajaran matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27–34.
Alshatri, S. H. H., Wakil, K., Jamal, K., & Bakhtyar, R. (2019). Teaching aids effectiveness in learning mathematics AR TICLE IN FO AB STR ACT. International Journal of Educational Research Review, 4(3), 448–453.
Anggo, M., & La Arapu. (2018). The use of mathematics teaching aids to train metacognition ability of elementary school students. Journal of Physics: Conference Series, 1028(1), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1028/1/012143
Arifuddin, A., & Arrosyid, S. R. (2017). Pengaruh metode demonstrasi dengan alat peraga jembatan garis bilangan terhadap hasil belajar matematika materi bilangan bulat. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(2), 165. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i2.1834
Asmarani, D., & Sholihah, U. (2017). Metakognisi mahasiswa tadris matematika IAIN Tulungagung dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan langkah-langkah polya dan de corte. Akdemia Pustaka.
Budiyono, A., Witarsa, R., & Wahyuni, M. (2022). Penggunaan alat peraga kartu bertanda untuk meningkatkan hasil belajar pada materi operasi hitung bilangan bulat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 8567–8580.
Jagom, Y. O., Uskono, I. V, & Fernandez, A. J. (2020). Pemanfaatan alat peraga matematika sebagai media pembelajaran di SD Oebola di Nusa Tenggara Timur. Jurnal Abdidas, 1(5), 339–344. https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i5.73
Ordu, U. B.-A. (2021). The role of teaching and learning aids/methods in a changing world. Bulgarian Comparative Education Society, 9, 210–216.
Telaumbanua, Y. (2020). Efektivitas penggunaan alat peraga pada pembelajaran matematika pada sekolah dasar pokok bahasan pecahan. Jurnal Dharmawangsa, 14(4), 709–722.
Tran, T. A., & Duong, V. (2023). Improving mathematics learning outcomes using concrete props in grade V elementary school students. IRAONO: Journal of Elementary and Childhood Education, 1(1), 8–15. https://doi.org/10.56207/iraono.v1i1.115
Zuliana, E., Retnowati, E., & Widjajanti, D. B. (2019). How should elementary school students construct their knowledge in mathematics based on Bruner’s theory? Journal of Physics: Conference Series, 1318(1), 1–4. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012019
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer## Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).