Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Papan Berpasangan pada Materi Operasi Bilangan Bulat terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik

  • Muhammad Risman Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • A. Sriyanti Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Munirah Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Thamrin Tayeb Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Lisa Kurnia Syam Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: hasil belajar; operasi bilangan bulat; papan berpasangan

Abstrak

Pemahaman konsep operasi hitung bilangan bulat yang sifatnya abstrak perlu adanya alat peraga seperti benda konkret yang dapat memberikan visualisasi kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga papan berpasangan pada materi operasi bilangan bulat terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimental design dan desain penelitiannya one-group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN 103 Kalimporo yang berjumlah 32 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh sehingga sampel dalam penelitian ini adalah kelas V. Instrumen yang digunakan berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan analisis regresi sederhana dan uji-t diperoleh persamaan regresi . Dengan nilai uji-t diperoleh nilai  yaitu , dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan alat peraga papan berpasangan pada materi operasi bilangan bulat terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SDN 103 Kalimporo.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Agung, R. (2019). Analisis teori perkembangan kognitif piaget pada tahap anak usia operasional konkret 7-12 tahun dalam pembelajaran matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27–34.

Alshatri, S. H. H., Wakil, K., Jamal, K., & Bakhtyar, R. (2019). Teaching aids effectiveness in learning mathematics AR TICLE IN FO AB STR ACT. International Journal of Educational Research Review, 4(3), 448–453.

Anggo, M., & La Arapu. (2018). The use of mathematics teaching aids to train metacognition ability of elementary school students. Journal of Physics: Conference Series, 1028(1), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1028/1/012143

Arifuddin, A., & Arrosyid, S. R. (2017). Pengaruh metode demonstrasi dengan alat peraga jembatan garis bilangan terhadap hasil belajar matematika materi bilangan bulat. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(2), 165. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i2.1834

Asmarani, D., & Sholihah, U. (2017). Metakognisi mahasiswa tadris matematika IAIN Tulungagung dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan langkah-langkah polya dan de corte. Akdemia Pustaka.

Budiyono, A., Witarsa, R., & Wahyuni, M. (2022). Penggunaan alat peraga kartu bertanda untuk meningkatkan hasil belajar pada materi operasi hitung bilangan bulat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 8567–8580.

Jagom, Y. O., Uskono, I. V, & Fernandez, A. J. (2020). Pemanfaatan alat peraga matematika sebagai media pembelajaran di SD Oebola di Nusa Tenggara Timur. Jurnal Abdidas, 1(5), 339–344. https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i5.73

Ordu, U. B.-A. (2021). The role of teaching and learning aids/methods in a changing world. Bulgarian Comparative Education Society, 9, 210–216.

Telaumbanua, Y. (2020). Efektivitas penggunaan alat peraga pada pembelajaran matematika pada sekolah dasar pokok bahasan pecahan. Jurnal Dharmawangsa, 14(4), 709–722.

Tran, T. A., & Duong, V. (2023). Improving mathematics learning outcomes using concrete props in grade V elementary school students. IRAONO: Journal of Elementary and Childhood Education, 1(1), 8–15. https://doi.org/10.56207/iraono.v1i1.115

Zuliana, E., Retnowati, E., & Widjajanti, D. B. (2019). How should elementary school students construct their knowledge in mathematics based on Bruner’s theory? Journal of Physics: Conference Series, 1318(1), 1–4. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012019

Diterbitkan
2023-05-31
Bagian
Vol. 5 No. 1
Abstrak viewed = 172 times