PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO INTERAKTIF BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MATERI BANGUN DATAR KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH

  • Muhammad Najib UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
    (ID)
  • Nafa Indah Budi Lestari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
    (ID)
  • Fatonah Salfadilah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
    (ID)
  • Muhamad Supriadi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
    (ID)
  • Futihatul Janah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
    (ID)
Kata Kunci: Video Interaktif, CTL, Matematika, Madrasah Ibtidaiyah

Abstrak

Pengembangan media video interaktif berbasis CTL ini dilator belakangi oleh kurangnya pemanfaatan media seperti video dalam proses pembelajaran, sehingga menyebabkan kurangnya minat belajar siswa terutama pada mata pelajaran matematika. Dengan penggunaan media ini proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini menghasilkan produk berupa media video interaktif berbasis CTL yang layak untuk mata pelajaran matematika pada materi bangun datar. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D dengan model 4D (Define, Desain, Development, Dessemination) atau disebut dengan 4P yaitu Pendefinisian, Perencanaan, Pengembangan dan Penyebaran. Media ini divalidasi oleh ahli media dan ahli materi yang selanjutnya di uji cobakan pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah yang berjumlah 21. Hasil dari validasi ahli media memperoleh skor rata-rata secara keseluruhan 87% dengan kriteria “Sangat Baik”. Hasil validasi ahli materi memperoleh skor rata-rata secara keseluruhan 78% dengan kriteria “Baik”. Dan hasil validasi guru kelas dalam bidang media memperoleh skor rata-rata 79% dengan kriteria “Baik” dan dalam bidang materi memperoleh skor rata-rata 82% dengan kriteria “Baik”. Sedangkan hasil dari tanggapan siswa memperoleh skor rata-rata secara keseluruhan sebesar 90% dengan kriteria “Sangat Baik”. Sehingga dapat di simpulakan bahwa video interaktif berbasis CTL ini Sangat Layak digunakan dan dapat meningkatkan minat belajar siswa.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Ainurrohmah, N., & Neni Mariana. (2018). Refleksi Kritis Terhadap Pandangan Matematika Dari Perspektif Siswa Dan Pendidik Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(10), 1706–1717. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/24544

Annisah, S., Suhendi, S., Supriatin, A., & Masfi’ah, S. (2021). Penurunan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar Selama Pembelajaran Online di Masa Pandemic Covid-19. Elementary : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 201. https://doi.org/10.32332/ejipd.v7i2.3745

Batubara, H. H. (2021). Media Pembelajaran MI/SD. Graha Edu.

Belanisa, F., Amir, F. R., & Sudjani, D. H. (2022). E-modul Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.30997/tjpba.v3i1.4754

Devi, P. C. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Prosedur Kompleks Dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Media Audio Visual (Video) Di Kelas XI SMA Negeri 1 Samarinda. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(2), 101–114. https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i2.13

Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat Pembelajaran yang Efektif. At-Tafkir, 11(1), 85–99. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529

Fitriana, D. N., & Aprilia, A. (2021). Mindset Awal Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika yang Sulit dan Menakutkan. PEDIR: Journal of Elementary Education, 1(2), 28–40. https://pedirresearchinstitute.or.id/index.php/Pedirjournalelementaryeducation/article/view/69

Hadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Sekolah Dasar. In Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Dan Pendidikan Dasar 2017, 96–102. https://core.ac.uk/download/pdf/267023793.pdf

Hidayati, N., & Abdullah, A. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Etnomatematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Bambanglipuro. Jurnal Tadris Matematika, 4(2), 215–224. https://doi.org/10.21274/jtm.2021.4.2.215-224

Latifah, I., & Watini, S. (2022). Peran TV Sekolah sebagai Alternatif Media Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada TKIT Al Hikmah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 602–606. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.463

Listiani, W., & Sulistyorini, Y. (2020). Penyusunan Tes Matematika Berbasis High Order Thinking Skills. Prosiding Seminar Nasional IKIP Budi Utomo, 1(01), 76–83. https://doi.org/10.33503/prosiding.v1i01.1106

Lita, A. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbantu Adobe Premiere Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD/MI [UIN Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14799

Martini, A. W., Suciati, S., & Umaya, N. M. (2022). Pengembangan Media Video Interaktif Belajar Pantun Berbantu Smart App Creator Untuk SD di Kabupaten Semarang . Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(2), 19–27. https://doi.org/10.26877/teks.v6i2.9171

Meylinda, D., & Surya, E. (2017). Kemampuan Koneksi Dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1–12. https://www.researchgate.net/publication/321839536_KEMAMPUAN_KONEKSI_DALAM_PEMBELAJARAN_MATEMATIKA_DI_SEKOLAH

Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87–98. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421

Prasetya, W. A., Suwatra, I. I. W., & Mahadewi, L. P. P. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 60–68. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32509

Pratiwi, N. I., & Kasriman, K. (2022). Pengembangan Media Video Animasi Interaktif pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Materi Bentuk dan Fungsi Bagian Tumbuhan. Jurnal Basicedu, 6(4), 7257–7264. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3468

Ramdani, N. S., Nugraha, H., & Hadiapurwa, A. (2021). Potensi Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Daring. Akademika, 10(02), 425–436. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i02.1406

Sadewo, Y. D., & Purnasari, P. D. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berorientasi Kebudayaan Lokal Pada Sekolah Dasar. Sebatik, 25(2), 590–597. https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i2.1649

Sitiasih, N. M. (2019). Implementasi Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 120. https://doi.org/10.25078/aw.v4i2.1113

Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 43–48. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpd/article/view/6262

Suseno, P. U., Ismail, Y., & Ismail, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Video Interaktif berbasis Multimedia. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(2), 59–74. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i2.7272

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Wahidin. (2019). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal PANCAR, 3(1), 232–245. https://ejournal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/291

Widianto, E. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Journal of Education and Teaching, 2(2), 213. https://doi.org/10.24014/jete.v2i2.11707

Diterbitkan
2023-12-15
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 280 times