Karakteristik Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK) Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di SMAIT Nurul Fikri Makassar

  • Dwi Ratnasari S sudirman UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ulfiani Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Muzakkir Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
Kata Kunci: Peserta Didik Berkebutuhan Khusus, Bahasa Arab dan Karakteristik

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan karakteristik Peserta Didik Bahasa Arab Berkebutuhan Khusus (PDBK) di SMAIT Nurul Fikri Makassar. Jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif. Adapun sumber data penelitian ini menggunakan data primer (peserta didik, guru mata pelajaran bahasa Arab atau guru pembimbing khusus, dan kepala sekolah) dan data sekunder seperti hasil catatan wawancara dengan guru, buku yang berkaitan dengan peserta didik berkebutuhan khusus dan buku bahasa arab, dan hasil catatan di lapangan serta data lainnya yang bisa dijadikan sebagai data pelengkap. Selanjutnya metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Instrument penelitian berupa pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik pengolaan data berupa koleksi data, trankripsi data, klasifikasi data, interpretasi data, dan deskripsi data. Sedangkan analisis data pada penelitian ini adalah menelaah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber, reduksi data, menyusunnya, dan mengadakan pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 9 peserta didik bahasa Arab berkebutuhan khusus di SMAIT Nurul Fikri Makassar, dua orang mengikuti program reguler, tiga orang Omisi, tiga orang subtitusi dan 1 orang omisi dan subtitusi.Implikasi penelitian ini adalah sekolah memilih tenaga pendidik yang tidak hanya berlatar belakang pendidikan namun juga memiliki pengalaman atau keilmuan dibidang pendidikan PDBK, terutama bagi GPK. Selain itu, hendaknya mengadakan pelatihan-pelatihan pendidikan PDBK bagi guru-guru yang belum menguasai kemampuan mengurus atau menghadapi PDBK. Sebaiknya guru menentukan strategi khusus untuk mengajar PDBK, karena kemampuan mereka dalam menangkap materi berbeda dengan anak pada umumnya

Referensi

Alwasilah, Chaaedar, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.

Bahri, Syaiful, ‘Manajemen Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar’, Jurnal Ilmu Pendidikan, 2.6 (2022), 94–100 <https://doi.org/10.58578/arzusin.v2i6.703>

Farah Arriani, Agustiawati, Alifia Rizki, Ranti Widiyanti, ‘Panduan Pelaksanaan Pendidikan Inklusif’, EduHumaniora Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 2.1 (2022), 50 <https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PFAI/article/view/17>

———, ‘Panduan Pelaksanaan Pendidikan Inklusif’, 2021

Irma Rachmayantia, Mochamad Arifin Alatas, ‘The Learning of Arabic Alphabets for Special Needs Students in Elementary School’, 3 (2020), 79–94 <https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jiz.v3i2.11931>

Jayadi, and Asep Supena, ‘Implementasi Pendidikan Inklusi Di SDN K1 Kabupaten Karawang’, AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 09.(1) January (2023), 725–736 <https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.886>

Mangunsong, Frieda, Psikologi Dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Universitas Indonesia Press, 2009.

Nurwan, Tryas Wardani, ‘Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusif Di Sekolah Dasar’, JESS (Journal of Education on Social Science), 3.2 (2019), 201 <https://doi.org/10.24036/jess/vol3-iss2/176>

Padurean, Alina Nicoleta, ‘Teaching English to Children with Special Educational Needs’, Neofilolog, 3.58 (2022), 257–61 <https://doi.org/10.14746/n.2022.58.2.8>

Susilo Adi, Sugeng, Frida Unsiah, and Darin Fadhilah, ‘Teaching Special Students: English Lessons for Deaf Students in Indonesian Special Junior High Schools’, International Journal of Education and Research, 5.12 (2017), 121–136

Widodo, Arif, et al. "Analisis Gaya Belajar Siswa ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) di Madrasah Inklusi Lombok Barat." Jurnal Bidang Pendidikan Dasar 4.2 (2020): 145-154.

Diterbitkan
2024-09-05
Abstrak viewed = 127 times