Penerapan Media Sosial YouTube Dalam Meningkatkan Mahārah Al-Istimā’ Siswa Kelas VII SMP IT Al Insyirah Kota Makassar
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan media sosial YouTube pada pelajaran bahasa Arab siswa kelas VII Putri SMP IT Al Insyirah Kota Makassar dan untuk mengetahui penerapan media sosial YouTube dalam meningkatkan mahārah al-istimā’ siswa kelas VII Putri SMP IT Al Insyirah Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus, dimana tiap siklusnya terdiri dari satu pertemuan atau lebih. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII Putri SMP IT Al Insyirah Kota Makassar dengan jumlah 10 siswa. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data pada penelitian ini yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Tes terdiri dari dua jenis yaitu pre-test dan post-test. Pre-test dilaksanakan pada awal pertemuan sebelum siswa diberi perlakuan atau proses pembelajaran dengan menerapkan media sosial YouTube sedangkan post-test dilaksanakan tiap akhir pertemuan pada tiap siklusnya. Adapun teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan rumus perhitungan persentase dan nilai- nilai rata- rata (Mean) untuk analisis peningkatan mahārah al-istimā’. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa penerapan media sosial YouTube pada pelajaran bahasa Arab dapat diketahui bahwa peningkatan mahārah al-istimā’ siswa kelas VII Putri mulai dari pra siklus hingga siklus II mengalami peningkatan. Yaitu Adapun nilai KKM 75 dan mahārah al-istimā’ rata-rata yang berhasil pada pra siklus adalah 0 dari 10 siswa, atau 100% dalam kategori perlu bimbingan, dalam siklus I ialah 4 dari 10 siswa, atau 40% adalah kategori perlu bimbingan kemudian siklus II mencapai 10 dari 10 siswa, atau 100% dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan media sosial YouTube di setiap siklusnya mengalami peningkatan mahārah al-istimā’ dengan kategori sangat baik.
Referensi
Anas Sudijono, Statistik Pendidikan, Cet. XXIV (Rajawali Pers, 2012), hal. 43
Ansar, Ansar, Isnaeni S. Isnaeni S., Julia Julia, dan Nur Hafida. “Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Multimedia.” Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam 1, no. 1 (2023): 29.
Asrullah, Muhammad Yaumi, dan M. Yusuf T. “Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Video Animasi Bagi Siswa Kelas VII Pondok Pesantren Darul Ishlah Bulukumba.” JAEL: Journal of Arabic Education and Linguistics 3, no. 1 SE- (2023): 22–33. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/jael/article/view/37968.
Aziza, Lady Farah, dan Ariadi Muliansyah. “Keterampilan Berbahasa Arab dengan Pendekatan Komprehensif.” El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBA 19, no. 1 (2020): 56–71.
Hamidah, Hamidah, dan Marsiah Marsiah. “Pembelajaran Maharah Al-Istima’ dengan Memanfaatkan Media Youtube: Problematika Dan Solusi.” Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya 8, no. 2 (2020): 147–160.
Handayani, Eka Selvi, dan Hani Subakti. “Analisis Penggunaan Media Realia Melalui Pembelajaran Online Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 2 (2021): 772–783.
Humairah M., Humairah M., Mustamin Mustamin, dan Abdul Qahar Zainal. “Efektivitas Metode Al Miftah Untuk Melatih Kemampuan Qawa’id Pada Peserta Didik Kelas X Keagamaan Di Madrasah Aliyah.” Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam 1, no. 1 (2023): 8.
Nasution, Novita Sari, dan Lahmuddin Lubis. “Urgensi Pembelajaran Bahasa Arab dalam Pendidikan Islam.” Jurnal Simki Pedagogia 6, no. 1 (2023): 181–191.
Rahman. “Efektifiktas Media Lagu Bahasa Arab Dalam Meningkatkan Kemampuan Istima’ Peserta Didik Kelas X IKA MAN 1 Soppeng.” institut agama islam negeri PAREPARE (2020): 4.
Sauri, Sofyan. “Sejarah Perkembangan Bahasa Arab Dan Lembaga Islam Di Indonesia.” INSANCITA: Journal of Islamic Studies in Indonesia and Southeast Asia, 5, no. 1 (2020): 73–88.
منورة، فعالية استخدام وسيلة الفيلم الكرتون بالنص العربية لترقية قدرة التلاميذ MIN 2 Banda Aceh ، Skripsi ، UIN ar-Raniry ، 2023م