PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN JOYFUL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS III SD INPRES 130 TAROWANG KABUPATEN JENEPONTO
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan
strategi pembelajaran joyful learning terhadap hasil belajar peserta didik pada mata
pelajaran matematika kelas III SD Inpres 130 Tarowang Kabupaten Jeneponto. Jenis
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelian One Grup pretest-
Postest.. Pengumpulan data dalam penelitian menggunaan tes dan observasi. Data
dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif dan statistik inferensial . Hasil
analsisi menunjukkan bahwa penerapan strategi joyfull learning berpengaruh terhadap
hasil belajar matematika pada peserta didik kelas III SD Inpres 130 Tarowang Kabupaten
Jeneponto. Selain itu pembelajaran matematika dengan strategi joyful learning dapat
meningkatkan kualitas pembelajaran matematika yaitu meningkatkan kenyamanan
peserta didik selama pembelajaran, meningkatkan aktivitas peserta didik dan
meningkatkan minat mengikuti pembelajaran matematika.