The Role of Library Facilities and Infrastructure in Increasing Visitor Visits
Abstrak
Pendahuluan. Perpustakaan sebagai salah satu pendukung kegiatan pembelajaran yang keberadaannya sering kita jumpai pada setiap sekolah ditujukan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan sarana dan prasarana perpustakaan dalam meningkatkan minat kunjungan siswa Taruna Bakti.
Metode penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Peneliti melakukan observasi, wawancara, dan analisis deskritif.
Data analisis. Peneliti melakukan analisis data melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan dan verifikasi.
Hasil dan Pembahasan. Perpustakaan Yayasan Taruna Bakti sudah hampir memenuhi standar dari pengadaan sarana dan pasarana perpustakaan berdasarkan dari indikator yang diadaptasi peneliti dari Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2017 Tentang Standar Nasional Perpustakaan Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah, sehingga Perpustakaan Yayasan Taruna Bakti dapat membuat pemustaka nyaman dan meningkatkan kunjungan pemustaka.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Alrasyiidah, A., & Amir, A. (2021). Evaluasi Sarana dan Prasarana di Perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri 2 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 10(4).
Anis Zohriah, M. M. (2023). Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan Perpustakaan dalam Meningkatkan Efektivitas Pelayanan Kepustakaan. Adanu Abimata.
Badan Pusat Statistik. (n.d). Jumlah Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Bandung 2020-2021. https://bandungkota.bps.go.id/indicator/28/407/1/jumlah-sekolah-menengah-atas-sma-di-kota-bandung.html
Butu, A., Sembiring, D. A., & Yobi, P. F. (2020). Implementasi Pemeliharaan Sarana Dan Prasarana Perpustakaan Di Smk Negeri 3 Teknologi Dan Rekayasa Jayapura Tahun Ajaran. Jurnal Pengelolaan Pendidikan DESEMBER, 1(2), 92œ99.
Cahyani, A. D., & Christiani, L. (2015). Pengaruh ketersediaan koleksi terhadap pemenuhan kebutuhan informasi siswa di Perpustakaan SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Jurnal ilmu perpustakaan, 4(2), 46-53.
Creswell, John W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed). SAGE Publication.
Darmono. (2001). Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Grasindo.
Dian Sinaga. 2018. Mengelola Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kiblat Buku.
Falah, M. A. F. (2022). Manajemen sarana prasarana untuk meningkatkan kualitas layanan pengunjung di perpustakaan darul fikri man 1 lamongan. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 4(1), 25-35.
Hadiapurwa, A., Johan, R. C., Suhardini, D., & Rusmono, D. (2018). Program Pengalaman Lapangan (PPL) di perpustakaan sekolah dalam mendukung visi UPI. Edutech, 17(2), 126-140. https://doi.org/10.17509/e.v17i2.14099
Hanadya, D., Auliana, N. U., & Purwanto, M. B. (2022). Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Sarana Dan Prasarana Perpustakaan Di Politeknik Darussalam Palembang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA), 2(1), 171-182.
Hardani, dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (1st ed.). Pustaka Ilmu.
Hutama, A. S., & Rohmiyati, Y. (2013). Pengaruh penerapan sistem otomasi perpustakaan IZYLIB terhadap kualitas layanan di Perpustakaan SMA Negeri 1 Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 2(2), 12-24.
Inawati, I. (2022). Peran Perpustakaan Sekolah dalam Menciptakan Budaya Literasi Siswa pada Jenjang Pendidikan Menengah. Literatify: Trends in Library Developments, 3(1), 1-13. https://doi.org/10.24252/literatify.v3i1.24645
Indrwan, I. (2015.). Manajemen Sarana & Prasarana Sekolah. Yogyakarta: Deepublish.
Komara, D. A., & Hadiapurwa, A. (2023). Improving Literacy of Junior High School Students through Revitalization of Library in Kampus Mengajar IV Activities. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(1), 143-152.
Maolana, A. H., Rusmono, D., & Rullyana, G. (2019). Evaluasi Kelengkapan Sarana Dan Prasarana Perpustakaan Sekolah Berdasarkan Standar Nasional Perpustakaan 2011. Edulibinfo, 5(1).
Mathar, T., & Irawati. (2022). The Challenges of School Library in Implementing an Integrated Library System. Literatify: Trends in Library Developments, 3(2), 112-121. https://doi.org/10.24252/literatify.v3i2.31964
Nuraini, N. (2022). Peran Perpustakaan Kafe Literacy Coffee dalam meningkatkan minat baca pengunjung di Kota Medan. Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 18(1), 45-58.
Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2017 Tentang Standar Nasional Perpustakaan Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah.
Perpustakaan Nasional RI (2017). Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.
Prabowo, A., & Heriyanto, H. (2013). Analisis pemanfaatan buku elektronik (e-book) oleh pemustaka di perpustakaan SMA Negeri 1 Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 2(2), 152-161.
Prastowo, A. (2012). Manajemen Perpustakaan Sekolah Profesional. Yogyakarta: Diva Press.
Rahmawati, G. (2015). Buku teks pelajaran sebagai sumber belajar siswa di perpustakaan sekolah di SMAN 3 bandung. EduLib, 5(1).
Rijali, A. (2019). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95.
Titan, T., Luhukay, D., & Kurniawan, Y. (2014). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Sma Negeri Xyz. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 5(1), 387-396.
Triyani. (2021). Manajemen Perpustakaan Sekolah. Perca.
By submitting your manuscript to our journal, you are following Copyright and License