Analisis Penggunaan Kecerdasan Buatan ChatGPT dalam Penulisan Karya Publikasi Ilmiah: Manfaat dan Tantangan
Abstrak
Penelitian ini membahas penggunaan kecerdasan buatan (AI), khususnya ChatGPT, dalam proses penulisan karya publikasi ilmiah. ChatGPT yang berbasis model Generative Pre-trained Transformer (GPT) sangat membantu proses penulisan dengan menghasilkan teks secara efisien. Teknologi ini dapat meningkatkan produktivitas, namun ada risiko seperti plagiarisme, ketidakakuratan informasi, dan penurunan orisinalitas karya ilmiah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dengan melibatkan proses observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ChatGPT mempercepat proses penulisan dan membantu menghasilkan ide, tetapi perlu kehati-hatian terkait risiko bias dan etika penggunaan. Penelitian ini merekomendasikan verifikasi informasi dan menjaga keaslian karya ilmiah untuk dapat mengoptimalkan penggunaan AI di dunia akademik.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Fauzi, F., Tuhuteru, L., Sampe, F., Ausat, A. M. A., & Hatta, H. R. (2023). Analysing the Role of ChatGPT in Improving Student Productivity in Higher Education. Journal on Education, 5(4), 14886–14891. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2563
Fitrah, M., & Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas, & Studi Kasus (Cet.1). CV Jejak. Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus - Muh. Fitrah & Luthfiyah - Google Books
Livberber, T., & Ayvaz, S. (2023). The impact of Artificial Intelligence in academia: Views of Turkish academics on ChatGPT. Heliyon, 9(9), e19688. DOI:10.1016/j.heliyon.2023.e19688
Nazari, M., & Saadi, G. (2024). Developing effective prompts to improve communication with ChatGPT: a formula for higher education stakeholders. Discover Education, 3(1). Developing effective prompts to improve communication with ChatGPT: a formula for higher education stakeholders | Discover Education (springer.com)
Nikita, K. S. (2022). Engaging in Scientific Publishing: Benefits and Norms to Follow as Authors and Reviewers [Young Professionals]. IEEE Antennas and Propagation Magazine, 64(3), 156–160. DOI: 10.1109/MAP.2022.3163359
Oviedo-Trespalacios, O., Peden, A. E., Cole-Hunter, T., Costantini, A., Haghani, M., Rod, J. E., Kelly, S., Torkamaan, H., Tariq, A., David Albert Newton, J., Gallagher, T., Steinert, S., Filtness, A. J., & Reniers, G. (2023). The risks of using ChatGPT to obtain common safety-related information and advice. Safety Science, 167(April), 106244. https://doi.org/10.1016/j.ssci.2023.106244
Rohanda, & Winoto, Y. (2019). Teori-Teori Informasi: Sebuah Kajian Tentang Teori-Teori Perpustakaan dan Ilmu Informasi. CV. Intishar Publishing.
Stahl, B. C., & Eke, D. (2023). The ethics of ChatGPT – Exploring the ethical issues of an emerging technology. International Journal of Information Management, 74(September 2023), 102700. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2023.102700
Wach, K., Duong, C. D., Ejdys, J., Kazlauskaitė, R., Korzynski, P., Mazurek, G., Paliszkiewicz, J., & Ziemba, E. (2023). The dark side of generative artificial intelligence: A critical analysis of controversies and risks of ChatGPT. Entrepreneurial Business and Economics Review, 11(2), 7–30. https://doi.org/10.15678/EBER.2023.110201
Xames, M. D., & Shefa, J. (2023). ChatGPT for research and publication: Opportunities and challenges. Journal of Applied Learning & Teaching, 6(1). https://doi.org/10.37074/jalt.2023.6.1.20
Yin, R. K. (2020). Studi Kasus: Desain & Metode. PT. RajaGrafindo Persada.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##By submitting your manuscript to our journal, you are following Copyright and License