Evaluasi Standar Nasional Perpustakaan (SNP) Sekolah di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Se-Kecamatan Pattallassang Kab. Gowa
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketercapaian sarana dan prasarana perpustakaan di SMP 1 Pattallassang dan SMP 2 Pattallassang berdasarkan Standar Nasional Perpustakaan (SNP) Sekolah Nomor 11 Tahun 2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan metode kualitatif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan lima pustakawan sebagai sumber data. Analisis dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketercapaian standar sarana dan prasarana perpustakaan di kedua sekolah cukup baik, meskipun masih terdapat beberapa aspek yang belum terpenuhi, terutama terkait lokasi perpustakaan yang masih satu atap dengan gedung sekolah. Sarana yang tersedia meliputi meja dan kursi kerja, meja dan kursi baca, rak buku, lemari katalog, rak majalah, meja sirkulasi, serta perangkat komputer. Upaya pustakawan dalam memenuhi standar dilakukan dengan menyediakan fasilitas yang diperlukan. SMP 2 Pattallassang menerapkan metode lesehan untuk pemustaka, sedangkan SMP 1 Pattallassang menyediakan meja baca dengan dua model: meja yang bisa digunakan sebagai ruang kelas dan meja dengan pembatas untuk meningkatkan kenyamanan pemustaka. Kesimpulannya, perpustakaan sekolah telah memenuhi sebagian besar standar, meskipun masih perlu perbaikan pada aspek lokasi dan infrastruktur tertentu.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Hs, L. (1995). Jenis-jenis Pelayanan Informasi Perpustakaan. Gadjah Mada University Press.
Pawit, M. Y., & Suhendar, Y. (2018). edoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Kencana Prenada Media Group.
Perpustakaan Nasional RI. (2017). Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2017 tentang Standar Nasional Perpustakaan Sekolah/Madrasah Tsanawiyah. Perpustakaan Nasional.
Sugiyono. (2008). Strategi Nonparametris Untuk Penelitian. Alfabeta.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sulistyo-Basuki. (2009). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Universitas Terbuka.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##By submitting your manuscript to our journal, you are following Copyright and License