Pengaruh Image Branding Duta Baca Provinsi Sulawesi Selatan Terhadap Minat Kunjung Pemustaka di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan

  • Khaerunnisa Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Irvan Mulyadi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Marni Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: image branding, duta baca, minat kunjung.

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh image branding duta baca Provinsi Sulawesi Selatan terhadap minat kunjung pemustaka serta seberapa besar pengaruh image branding duta baca terhadap minat kunjung pemustaka di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan. Penelitian ini menggunakan penelitian asosiatif kausal yang berlokasi di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan. Teknik pengambilan sample menggunakan rumus Slovin sehingga yang menjadi sample dalam penelitian ini sebanyak 98 responden. Data yang diperoleh menggunakan kuesioner dan teknik pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan bantuan SPSS versi 23. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan image branding duta baca memiliki pengaruh yang kuat terhadap minat kunjung pemustaka di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan sebesar 42,3%. Tingkat signifikan variabel image branding duta baca sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,01 artinya  diterima maka  ditolak, dengan demikian promosi perpustakaan dengan image branding duta baca berpengaruh terhadap peningkatan minat kunjung pemustaka. Sehingga penelitian ini menunjukkan bahwa image branding duta baca akan berdampak pada peningkatan minat kunjung pemustaka.

 

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Sudaryono. 2017. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung, Alfabeta, 2017.

Siregar, Syofian. Statistika Deskriptif Untuk Penelitian: Dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: Rajawali Pers, 2016.

Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan. 2010. Yogyakarta: Pustaka Timur.

Sri Sumekar ...[et al.]. 2011. Standar nasional perpustakaan (SNP). Jakarta: Perpustakaan Nasional RI, 2011.

Penny Rahmawaty. 2014. Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sari Roti. Jurnal Ilmu Manajemen, Volume 11, Nomor 2, April 2014. Di akses pada 20 april 2021 melalui https://journal.uny.ac.id/index.php/jim/article/view/11788

Rampesad, Hubert K. 2008. Sukses Membangun Authentic Personal Branding. Jakarta: Ppm.

Sardiat. 2016. Pemilihan Duta Baca Melalui Kegiatan Gemar Membaca Berkuis dalam Mendukung Program Literasi. Artikel Simposium. Diakses pada tanggal 19 maret 2021

http://simposium.gtk.kemdikbud.go.id/karya/files/dikdas_3/SARDIAT,S.P d_17112016044336.pdf

Mustinda, Sonia. 2010. Promosi yang di lakukan di perpustakaan Kementrian Pendidikan Nasional RI. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/5370 diakses, 30 Maret 2021 pukul 13.35.

Diterbitkan
2022-09-30
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 354 times