Inovasi Komunikasi Dosen dalam Pengelolaan Pembelajaran Pascasarjana UIN Alauddin di Masa Pandemi

  • Yuliana Yuliana Pascasarjana UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Sulaiman Saat Pascasarjana UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Sitti Mania Pascasarjana UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang inovasi pembelajaran dosen Pascasarjana UIN Alauddin Makassar dimasa pandemi? Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam UIN Alauddin Makassar angkatan 2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa Inovasi dosen Pascasarjana UIN Alauddin Makassar di masa pandemi yaitu bentuk inovasi sudah maksimal tapi efek atau dampak dari inovasi hasilnya belum maksimal, karena disebabkan oleh beberapa faktor yang terkendala di mahasiswa, misalnya gangguan jaringan, ketika mahasiswa sedang melakukan presentasi, namun kapasitas kuota tidak mencukupi sehingga membuat proses berlangsungnya presentasi jadi terhambat dan juga beberapa dosen yang tidak familiar dengan platform pembelajaran yang digunakan di masa pandemi sepertipenggunaan aplikasi yang tidak bervariasi ketika proses belajar mengajar berlangsung secara online. Pengelolaan pembelajaran yang dilakukan oleh dosen program studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana UIN Alauddin Makassar belum maksimal, disebabkan karena terbatasnya keluwesan dosen dalam memantau gesture mahasiswa secara online ketika proses pembelajaran berlangsung serta materi yang diajarkan tidak tersampaikan secara baik kepada mahasiswa. Inovasi dosen Pascasarjana UIN Alauddin Makassar dalam pengelolaan pembelajaran di masa pandemi kurang efektif disebabkan karena berdasarkan hasil pengamatan peneliti, menunjukkan beberapa mahasiswa terkendala dijaringan ketika proses pembelajaran berlangsung, mahasiswa tidak mengikuti pembelajaran dengan baik, ditunjukkan dengan adanya mahasiswa yang tidak mengaktifkan kamera, kurang fokus dalam menerima materi pelajaran, sehingga tidak mencapai tujuan pembelajaran yang semestinya.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2021-12-31
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 96 times