Model Dakwah Mubalig dalam Pembinaan Masyarakat Di Desa Pattongko Kecamatan Sinjai Tengah

  • Nursan
    (ID)
  • Mahmuddin
    (ID)
  • Arifuddin
    (ID)
Kata Kunci: Model dakwah, Pembinaan

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang Komunikasi Dakwah Mubalig Dalam Pembinaan Keagamaan Masyarakat Di Desa Pattongko Kecamatan Sinjai Tengah. Tujuan penelitian ini yaitu: Menganalisis Komunikasi Dakwah Mubaligh dalam Pembinaan Keagamaan Masyarakat di Desa Pattongko Kecamatan Sinjai Tengah.

Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan Naturalistik. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan melalui tiga tahapan yaitu: Collection Data, Data Reduction, data display, dan penarikan kesimpulan (verification).

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa komunikasi dakwah mubaligh di desa pattongko melingkupi inisiatif dalam memahamkan manusiakan akan keberadaan Allah SWT, menumbuhkan rasa keimanan kepada Allah SWT, menciptakan jamaah yang saling toleransi, dan menciptakan jamaah yang memiliki jiwa disiplin, mandiri, bertanggung jawab dan jujur. Etika komunikasi yang digunakan para mubaligh berdasarkan prinsip-prinsip komunikasi dalam Alquran di desa pattongko kecamatan sinjai tengan yaitu ada 6 prinsip: qaulan karima (perkataan yang mulia); qaulan sadida (perkataan yang benar/lurus), qaulan ma’rufa (perkataan yang baik), qaulan baligha (perkataan yang efektif, terbuka, transparan), qaulan layyina (perkataan yang lemah lembut), dan qaulan maisura (perkataan yang pantas).

Implikasi dari penelitian ini masyarakat mampu mengambil informasi yang telah penulis kumpulkan agar dapat menjadi bahan acuan untuk peneltian selanjutnya, maupun sumber bacaan tentang Komunikasi Dakwah Mubalig Dalam Pembinaan Keagamaan Masyarakat Di Desa Pattongko Kecamatan Sinjai Tengah. Diperlukan kajian lebih lanjut terkait Komunikasi Dakwah Mubalig Dalam Pembinaan Keagamaan agar dapat memberikan banyak solusi terbaik serta perlunya menindak lanjuti hasil penelitian ini agar tidak hanya menjadi sebatas teori.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Effendy, Uchajana, Onong. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. (RemajaRosdakarya: Bandung. 1984)

Nurhadi, Zikri Fachrul, Teori Komunikasi Kontemporer. (EdisiPertama: Depok: Kencana: 2017)

Mubasyaroh, Dakwah dan Komunikas (StudiiPenggunaaniiMedia Massa dalamDakwah), jurnal,i vol.4, No. 1 juni 2016.

Markarma, A. KomunikasiiDakwah Efektif dalam Perspektif Al-Qur’an, jurnal, vol. 11, No. 1, juni 2014.

Maghfiroh, Eva.iikomunikasi Dakwah; dakwah interaktif melalui media komunikasi, jurnal, volume 2, nomor 1, februari 2016.

Diterbitkan
2022-09-12
Abstrak viewed = 86 times

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

1 2 > >>