Retorika Dakwah AGH. Sanusi Baco
Abstrak
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan penelitian kepustakaan atau library research dengan fokus penelitian tentang Retorika Dakwah AGH. Sanusi Baco. Pendekatan yang gunakan adalah pendekatan dakwah dan komunikasi. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil sumber primer dalam bentuk video ceramah di youtube dan rekaman-rekaman ceramah AGH. Sanusi Baco. Sumber data sekunder adalah dari informan lain yang dekat dan mengerti dengan tokoh tersebut atau hasil dari tulisan orang lain tentang tokoh tersebut. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil sumber sekunder dari hasil tulisan orang lain yang menyangkut tentang ketokohan AGH. Sanusi Baco. Metode pengumpulan data melalui beberapa tahapan yaitu: pengumpulan dokumen dan video di youtube Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu: analisis taksonomi, analisis interpretativ dan analisis sintetis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa retorika dakwah AGH. Sanusi Baco bahwa ethos AGH. Sanusi Baco dapat kita lihat bahwa kredibilitas yang dimilki oleh AGH. Sanusi Baco itu sudah melekat ketika awal beliau pulang menuntut ilmu dari Universitas Al-Azhar Cairo Mesir, sebab di lihat dari latar belakang keilmuannya AGH. Sanusi Baco menjadi seorang dai dengan ciri khas penyampaian dakwahnya. Pathos AGH. Sanusi Baco Daya tarik dakwah AGH. Sanusi Baco karena memiliki ciri khas, meskipun terkadang ada isi ceramah yang berulang beberapa kali di tempat yang berbeda dengan tema yang sama tapi tetap saja menarik. Ciri khas dakwah beliau yaitu pelan menyampaikannya, memberikan keteduhan, kenyamanan, kedamaian hati, dan sangat jauh dari hal-hal yang sifatnya provokatif, atau hal-hal yang mengarah kepada ataupun mengantar kepada kekerasan. Logos AGH. Sanusi Baco yaitu membangun kesadaran audiensnya dengan menyesuaikan bahasa dan materi yang di gunakan beliau ketika bercermah. Maka bahasa dakwah yang dilakukan oeh pendakwah adalah bahasa yang mudah dipahami dan diterima secara logis pada pikiran mad’u. Bukan dengan bahasa manipulatif yang mendramatisir kebohongan dan di luar nalar logis mad’unya.
Implikasi penelitian ini yaitu hendaknya dai atau muballigh di era sekarang mampu menjadikan AGH. Sanusi Baco sebagai contoh atau role model dalam menjalankan kegiatan dakwahnya. Dai atau muballigh dituntut agar dakwah bi al-lisannya sejalan dengan dakwah bi al-halnya, agar mad’u dapat melihat bahwa ada contoh yang bisa ditiru serta di aplikasikan dalam kehidupan sehari-harinya dari apa yang disampaikan oleh seorang dai atau muballigh. Kedua Hendaknya dai atau muballigh dapat memiliki ketiga unsur retorika Aristoteles di dalam pribadinya, yaitu ethos, pathos, dan logos sebagaiamana dari hasil penelitian ini bahwa AGH. Sanusi Baco adalah sosok yang memiliki ketiga unsur retorika tersebut. Sehingga dalam proses dakwah, antara objek (dai) dan subjek (mad’u) ada feedback dari sajian dakwah yang telah disampaikan
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Nurhidayat Muhammad Said, Dakwah dan Efek Globalisasi Informasi (Makassar: Alauddin University Press, 2011).
Nurhidayat Muhammad Said, Dakwah dan Efek Globalisasi Informasi.
Muliaty Amin, Teori-Teori Ilmu Dakwah, (Cet.I; Makassar: Alauddin University Press, 2011)
M. Munir, Metode Dakwah, (Jakarta: Kencana, 2009)
Ilyas Ismail, The True Da’wa: Menggagas Paradigma Baru Dakwah Era Millenial (Cet.I; Jakarta: Pranamedia Group, 2018).
Abdullah, Retorika dan Dakwah, Jurnal Dakwah, Vol. X No. 1 Januari (2009).
Kholid Noviyanto, Gaya Retorika Dai dan Perilaku dan Perilaku Memilih Penceramah, (Jurnal Komunikasi Islam) Edisi Juni 2014. Vol. 4. No. 1.
Onong Uchyana, Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi (Bandung: Citraa Aditya Bakti, 2003).
Suhardi, Pemikiran Dan Gerakan Dakwah AGH. Sanusi Baco (1961-2016) (Tesis, UIN Alauddin Makassar, 2016).
Onong Uchyana, Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi.
Suhardi, Pemikiran Dan Gerakan Dakwah AGH. Sanusi Baco (1961-2016) Tesis, UIN Alauddin Makassar, 2016).
M. Natsir, Fiqhud Dakwah (Jakarta: Capita Selecta, 2001).
Abdullah Nasih Ulwan, Silsilah Madrasat ad-du’at: Fushul alHadifah fi Fiqh al-Da’wah wa al Daiyah (Kairo: Dar al Islam, 2001).
Kementrian Agama, al-Qur’an dan Terjemahnya.
Suhardi, Pemikiran Dan Gerakan Dakwah AGH. Sanusi Baco (1961-2016) (Tesis, UIN Alauddin Makassar, 2016), h. 87.
Sampo Seha, Paradigma Dakwah (Menata Ulang Penerapamn Dakwah di Indonesia), (Makassar: Alauddin University Press, 2012).
Suhardi, Pemikiran Dan Gerakan Dakwah AGH. Sanusi Baco (1961-2016), h. 95. GuruttaH.SanusiBaco,Youtube,https://www.youtube.com/watch?v=P4ynZToRvMI&t=224s, diakses pada 10 November 2022.
Aristotele, Retorika Seni Berbicara, h. 83.
Khutbah.Jumat.AG.KH.Sanusi.Baco,Lc,Youtube,https://www.youtube.com/watch?v=Vn6zwzCGyEw&t=366s, diakses pada 12 November 2022.
Khutbah.Jumat.AG..KH.Sanusi.Baco,.Lc,Youtube,https://www.youtube.com/watch?v=Vn6zwzCGyEw&t=366s, diakses pada 12 November 2022.
Jalaluddin Rakhmat, Retorika Modern.
Umdatul Hasanah, Retorika Dakwah Kontemporer (Banten: Media Madani, 2020)
AGH. Sanusi Baco, Lc. Sehimpun Kisah dan Hikmah.
Rajiyem. Sejarah dan Perkembangan Retorika, Jurnal Humaniora, Vol. 17 No. 2 Juni (2005).
Suhardi, Pemikiran Dan Gerakan Dakwah AGH. Sanusi Baco (1961-2016).
Umdatul Hasanah, Retorika Dakwah Kontemporer.
Kementrian Agama, al-Qur’an dan Terjemahnya.
M. Quraish Shihab, Tafsir Al-Mishbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian al-Qur’an, (Jakarta: Lentera Hati, 2002).
Pesan Cinta Dari AG. Dr. H. Sanusi Baco, Lc Buat Ummat, Youtube, https://www.youtube.com/watch?v=mtSvMzl4JQA&t=622s, diakses pada 12 November 2022.
Hamka, Prinsip dan Kebijaksanaan Dakwah (Jakarta: Gema Insani Pres, 2018).
Waspada, Anregurutta Sanusi Baco, Dinamika Dakwah.