Metode Dan Strategi Dakwah Ustadz Abdul Somad Melalui Media Sosial Youtube

  • Dedek Syahputra
    (ID)
  • Indo Santalia
    (ID)
  • Hamiruddin
    (ID)
Kata Kunci: Metode Dakwah, Strategi Dakwah, Abdul Somad, Media Sosial Youtube

Abstrak

Penelitian berjudul Metode Dan Strategi Dakwah Usatdz Abdul Somad Melalui Media Sosial Yuotube. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang metode dan strategi dakwah Usatdz Abdul Somad seorang dai yang berasal dari Provinsi Riau. Adapun Batasan masalah dalam penelitian yakni metode dakwah al-Hikmah dalam dakwah Ustadz Abdul Somad di yuotube dan strategi dakwah dalam dakwah Ustadz Abdul Somad di YouTube.

Jenis penelitian yang digunakan adalah bersifat deskriptif, dengan pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan dakwah dan komunikasi yaitu pendekatan dakwah dan etnografi dengan mengutamakan pendekatan kualitatif. Selain itu, penelitian ini bersifat “Library Research” (kepustakaan) tentu ini bersumber pada literature, salah satunya terdapat tulisan Ustadz Abdul Somad seperti karya bukunya sendiri.

Hasil dari penelitian ini, Ustadz Abdul Somad menggunakan tiga metode Al-hikmah, yang diterapakan Ustadz Abdul Somad sebagai seorang dai melakukan keteladanan terlebih dahulu, metode Al-mauidzah al-hasanah, Usatdz Abdul Somad selalu menyampaikan agar selalu berbuat baik kepada semua orang dan metode Al-mujadalah al-ahsan digunakan Ustadz Abdul Somad dalam berdiskusi dan tanya jawab Ustadz Abdul somad terfokus pada ilmu fiqih dan Al-hadist yang diepekuat oleh banyak hafal-hafal hadist yang jelas sanad dan asbabul wurud nya. Strategi yang digunakan Ustadz Abdul Somad menggunakan strategi rasioanl (manhaj Aq’li) teknik siasat yang digunukan Yuotube, Instagram, dan Facebook.

Implikasi dari penelitian ini adalah dengan adanya penelitian ini diharapkan akan adanya penelitian lanjutan mengenai dakwah di YouTube di Indonesia. Sehingga ada nuansa baru dalam mengenali dakwah melalui media sosial yang semakin hari semakin canggih dan memberikan sisi positif maupun negatif untuk generasi muda Indonesia.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Erwin Jusuf Thalib, Problematika Dakwah di Media Social (Cet. I; Bandung: Insan Cendekia Mandiri, 2021).
Mushtofa Masyhur, Fiqih Dakwah Jilid II (Jakarta: Cahaya Umat, 2005).
Asmuni Syukir, Dasar-Dasar Strategi Dakwah Islam (Surabaya: Al-ikhlas, 2015).
Mohammad Hasan, Metodologi Pengembangan Ilmu Dakwah (Surabaya: Pena Salsabila, 2012).
Ahmad Mahmud, Dakwah Islam (Bogor: Pustaka Thariqul Izzah,2002).
Kementerian Agama RI, Al-qur’an dan Terjemahan (Bandung: Cordoba, 2020).
Abdul Aziz, Fiqih Dakwah:Prinsip dan Kaidah Asasi Dakwah Islam (Solo: Intermedia, 2003).
Hamka, Tafsir Al-azhar, Jilid V (Cet. II; Jakarta: Gama Insani,2018).
Thaib Erwin Jusuf, "Studi Dakwah dan Media dalam Perspektif Uses And Gratification Theory." Farabi Journal, Vol. 11, No. 1 (2014).
Ahmadun, dkk, Inspiring Stories: 30 Kisah Para Tokoh Beken Yang Menggugah (Cet. I; Solo: Tiga Serangkai, 2008).
Tim Redaksi Qultum Media, Ustadz Abdul Somad: Da'i Berjuta Followers (Cet. I; Jakarta: Qultum media, 2018).
Tim Redaksi Qultum Media, Ustadz Abdul Somad Ustadz Zaman Now (Cet. I; Jakarta: Qultummedia, 2018).
Kuntowijoyo, Paradigma Islam: Interpretasi Untuk Aksi (Cet. VII; Bandung: Mizan, 2008).
KBBI Online, Muwajahah Adalah Temu Muka; Tatap Muka (Diakses Pada 29 Desember 2022, Pukul 16:31 WITA).
M. Quraish Shihab, Tafsir Al-Misbah,Pesan, Kesan dan Keserasian Al-qur’an ( Cet.II; Jakarta: Lentera Hati, 2002).
http://www.daririau.com/read-90211166-sejak-kecil-ustadz-abdul-somad-sudah-ditempa-jadiguru.html, (diakses Pada Jum’at 30 Desember 2022, pukul 04: 10 WITA).
https://news.detik.com/opini/d-35639558/mengenal-dakwah-digital-ustadz-abdul-somad pekanbaru (diakses pada jumat 30 desember 2022, pukul 16: 23 WITA).
Kaelan MS, Metode Penelitian Kualitatif Bidang Dakwah (Yogyakarta: Paramadina, 2005).
Tari Budayanti Usop, Kajian Literatur Metodologi Penelitian Fenomenologi dan Etnograpi (Jakarta: Amzah, 2019)
Zikri Fachrul Nurhadi, Teori-Teori Komunikasi; Teori Komunikasi dalam Persfektif Penelitian Kualitatif (Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia, 2015).
Emzir, Metodologi Penelitian Kualitatif (Cet. V; Jakarta; Rajawali Pers, 2016).
https://yayasanhajjahrohana.org/ (Diakses pada Kamis 14 April 2023 Pukul, 1: 00 WITA).
Nizar, Muklis, "Strategi Dakwah Al Bayanuni (Analisis Strategi Muhammad Abu Fatah Al Bayanuni Dalam Kitab Al Madkhal Ila Ilmi Dakwah)." Islamic Communication Journal Vol. 3, No. 1, (2018).
Diterbitkan
2023-08-06
Abstrak viewed = 696 times

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

1 2 > >>