Penerapan Gaya Komunikasi Equalitarian Style dalam Pelestarian Budaya Pernikahan Towani Tolotang

  • Suparman
    (ID)
  • Kamaluddin Tajibu
    (ID)
  • Arifuddin Tike
    (ID)
Kata Kunci: Gaya Komunikasi, Equalitarian Style, Towani Tolotang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji upaya pelestarian budaya pernikahan di masyarakat Towani Tolotang, Kabupaten Sidrap. Fokus utama penelitian mencakup pemahaman terhadap strategi pelestarian budaya pernikahan dan penerapan gaya komunikasi "equalitarian style" dalam konteks ini.

Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif dengan melibatkan tokoh adat, penghulu, dan masyarakat sebagai informan kunci. Metode pengumpulan data mencakup observasi, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Proses analisis data terdiri dari tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya komunikasi equalitarian style memegang peran krusial dalam pelestarian budaya pernikahan di masyarakat Towani Tolotang. Partisipasi aktif tokoh adat (Uwa') dan komunitasnya terbukti berhasil menjaga konsistensi pelestarian budaya, tercermin dari pelaksanaan praktik-tradisi pernikahan, pengetahuan adat yang terjaga, serta warisan kostum dan perhiasan. Gaya komunikasi equalitarian style mendominasi setiap interaksi, mengutamakan komunikasi terbuka dan dua arah, suasana santai, dan tanpa tekanan. Dalam konteks pernikahan, hal ini memfasilitasi pertukaran pesan maksimal, memperkuat hubungan interpersonal, dan mencapai kesepakatan dalam berbagai aspek pernikahan.

Penelitian ini memberikan implikasi praktis dengan menggarisbawahi pentingnya pengembangan pendekatan komunikasi yang efektif untuk mempertahankan tradisi dan budaya di masyarakat Towani Tolotang. Temuan ini tidak hanya menyumbang wawasan teoritis terhadap pelestarian budaya pernikahan, tetapi juga memberikan pandangan praktis yang dapat diadopsi oleh pemangku kepentingan untuk meningkatkan keberlanjutan dan relevansi tradisi dalam dinamika masyarakat.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Hamdan, Komunikasi Satu Arah dan Dua Arah, jurnal: Institut Agama Islam Negeri Langsa 2020
Irwan Abdullah, dkk., Agama dan Kearifan Lokal dalam Tantangan Global (Cet. II; Yogyakarta: Sekolah Pascasarjana UGM dan Pustaka Pelajar, 2008).
Nuhrison M. Nuh, et. al. Menelusuri Kearifan Lokal di Bumi Nusantara Catatan Perjalanan dan Hasil Dialog Pengembangan Wawasan Multikultural antar Pemuda Agama Pusat Dewata Seuwae an Daerah (Cet. I; Jakarta: Puslitbang Kehidupan Beragama, 2005).
Nuraida, Aida “Gaya komunikasi kepemimpinan perempuan betawi (Studi Pada Gaya Komunikasi Sylviana Murni Sebagai Wali Kota Jakarta Pusat)”, skripsi (Jakarta: Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Syarif Hidayatullah, 2017)
Oktolina Simatupang, Lusiana A.Lubis, dan Haris Wijaya, Gaya Komunikasi dan Adaptasi Budaya Mahasiswa Batak di Yogyakarta, Medan: Universitas Sumatera Utara 2015.
Rachmat Hidayat, Rusmadi Awza, Pengaruh Gaya Komunikasi Kepala Dinas terhadap Kinerja Pegawai di Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Riau, jurnal: Universitas Riau 2017
Sabaruddin Sa. (2012). Lampung Pepadun dan saibati/ Pesisir. Buletin Waylima Manjau: Jakarta
Saprilla, Melawan Arus (Strategikomunitas Tolotang Mempertahankan Kepercayaannya), Jurnal: Al-Qalam" No. XXI Tahun XIV Edisi Januari - Juni 2008.
Sayuti Ali, Metode Penelitian Agama: Pendekatan Teori dan Praktek (Cet. I; Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2002).
Tubbs, Stewart L & Sylvia Moss, Human Communication: Konteks-Konteks Komunikasi, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005)
Viva Budy Kusnandar, Lebih dari 102 Ribu Penduduk Indonesia Menganut Aliran Kepercayaan pada Juni 2021, dikutip melalui https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/09/30/sebanyak-8688-penduduk-indonesia-beragama-islam (diakses pada 19 September 2022)
Wayne Pace R, Don F. Faulos. 2006. Komunikasi Organisasi: Strategi meningkatkan kinerja perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Diterbitkan
2023-08-06
Abstrak viewed = 147 times

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

1 2 > >>