PENGARUH MANAJEMEN KELAS DAN PENGELOLAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP KUALITAS PENDIDIKAN

  • Vivi Harvina Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Erwin Hafid Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Muhammad Rusydi Rasyid Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: Manajemen Kelas, Pengelolaan Media Pembelajaran, Kualitas Pendidikan

Abstrak

Abstrak: Pengaruh Manajemen Kelas dan Pengelolaan Media Pembelajaran terhadap Kualitas Pendidikan

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji pengaruh manajemen kelas dan pengelolaan media pembelajaran terhadap kualitas pendidikan di SMP Negeri se-Kecamatan Ulaweng Kabupaten Bone. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Semua guru di SMP Negeri se-Kecamatan Ulaweng Kabupaten Bone yang berjum­lah 56 orang menjadi responden penelitian. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana dan berganda serta melakukan uji determinasi untuk menguji besarnya pengaruh yang dihasilkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh manajemen kelas secara signifikan terhadap kualitas pendidikan sebesar 16,0%; 2) terdapat pengaruh pengelolaan media pembelajaran secara signifikan terhadap kualitas pendidikan sebesar 16,3%; dan 3) terdapat pengaruh manajemen kelas secara bersama-sama dengan pengelolaan media pembelajaran terhadap kualitas pendidikan sebesar 16,4% di SMP Negeri se-Kecamatan Ulaweng Kabupaten Bone. Dengan demikian, manajemen kelas dan pengelolaan media pembelajaran sangat penting untuk diterapkan agar dapat mengembangkan kegiatan pembelajaran yang pada akhirnya berdampak pada peningkatan mutu pendidikan di sekolah.

Referensi

Danial, D., Damopolii, M., & Syamsudduha, S. (2019). Hubungan Antara Iklim dan Budaya Madrasah dengan Motivasi Kerja Guru pada Madrasah Tsanawiyah di Kecamatan Sinjai Barat Kabupaten Sinjai. 14(1), 60–72. https://doi.org/10.23917/jmp.v14i1.8357

Danial, & Damopolii, M. (2019). Hubungan antara Budaya Madrasah dengan Motivasi Kerja Guru di MTs se-Kecamatan SInjai Barat. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 22(36), 141–156. https://doi.org/doi.org/10.24252/lp.2019v22n1i12

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasanah, M. L., & Kristiawan, M. (2019). Supervisi Akademik dan Bagaimana Kinerja Guru. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 97. https://doi.org/10.29240/jsmp.v3i2.1159

Kurni, D. K., & Susanto, R. (2018). Pengaruh Keterampilan Manajemen Kelas Terhadap Kualitas Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar Pada Kelas Tinggi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 39–45. http://www.universitas-trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/JIPGSD/article/view/232

Mudzaifah, E. U. Al. (2021). Peningkatan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui Manajemen Kelas di SD Negeri 2 Pasaleman Kabupaten Cirebon. In Tesis. Cirebon: IAIN Syekh Nurjati.

Mulyasa, E. (2017). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munisah, E. (2020). Pengelolaan Media Pembelajaran Sekolah Dasar. Jurnal Elsa, 18(1), 23–32. https://doi.org/10.47637/elsa.v18i1.231

Rahman, D., & Husain, A. (2020). Motivasi Kerja Guru: Hubungan Realitas Iklim dan Budaya dengan Motivasi Kerja Guru Madrasah. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Salahudin, Akos, M., & Hermawan, A. (2018). Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Sumber Daya Manusia dan Sarana Prasarana di MTsN Banjar Selatan 2 Kota Banjarmasin. Jurnal Ilmu Administrasi Dan Manajemen, 2(1), 1–13. https://ejournal.stiabinabanuabjm.ac.id/index.php/administraus/article/download/18/9

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supradnyani, N. M., Natajaya, I. N., & Sunu, I. G. K. A. (2013). Kontribusi Kemampuan Manajemen Kelas, Etos Kerja dan Pemanfaatan Media Belajar terhadap Efektifitas Pembelajaran. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Administrasi Pendidikan, 4.

Waluyo, G. E., & Hadi, S. (2014). Pengaruh Penerapan Mbs, Pengelolaan Pembelajaran Dan Partisipasi Komite Sekolah Terhadap Mutu Pendidikan Sd/Mi. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 2(2), 159–173. https://doi.org/10.21831/amp.v2i2.2446

Diterbitkan
2022-03-19
Bagian
Vol 1 No 2
Abstrak viewed = 437 times