PENGARUH MANAJEMEN KELAS DAN PENGELOLAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP KUALITAS PENDIDIKAN
Abstrak
Abstrak: Pengaruh Manajemen Kelas dan Pengelolaan Media Pembelajaran terhadap Kualitas Pendidikan
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji pengaruh manajemen kelas dan pengelolaan media pembelajaran terhadap kualitas pendidikan di SMP Negeri se-Kecamatan Ulaweng Kabupaten Bone. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Semua guru di SMP Negeri se-Kecamatan Ulaweng Kabupaten Bone yang berjumlah 56 orang menjadi responden penelitian. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana dan berganda serta melakukan uji determinasi untuk menguji besarnya pengaruh yang dihasilkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh manajemen kelas secara signifikan terhadap kualitas pendidikan sebesar 16,0%; 2) terdapat pengaruh pengelolaan media pembelajaran secara signifikan terhadap kualitas pendidikan sebesar 16,3%; dan 3) terdapat pengaruh manajemen kelas secara bersama-sama dengan pengelolaan media pembelajaran terhadap kualitas pendidikan sebesar 16,4% di SMP Negeri se-Kecamatan Ulaweng Kabupaten Bone. Dengan demikian, manajemen kelas dan pengelolaan media pembelajaran sangat penting untuk diterapkan agar dapat mengembangkan kegiatan pembelajaran yang pada akhirnya berdampak pada peningkatan mutu pendidikan di sekolah.
Referensi
Danial, D., Damopolii, M., & Syamsudduha, S. (2019). Hubungan Antara Iklim dan Budaya Madrasah dengan Motivasi Kerja Guru pada Madrasah Tsanawiyah di Kecamatan Sinjai Barat Kabupaten Sinjai. 14(1), 60–72. https://doi.org/10.23917/jmp.v14i1.8357
Danial, & Damopolii, M. (2019). Hubungan antara Budaya Madrasah dengan Motivasi Kerja Guru di MTs se-Kecamatan SInjai Barat. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 22(36), 141–156. https://doi.org/doi.org/10.24252/lp.2019v22n1i12
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hasanah, M. L., & Kristiawan, M. (2019). Supervisi Akademik dan Bagaimana Kinerja Guru. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 97. https://doi.org/10.29240/jsmp.v3i2.1159
Kurni, D. K., & Susanto, R. (2018). Pengaruh Keterampilan Manajemen Kelas Terhadap Kualitas Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar Pada Kelas Tinggi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 39–45. http://www.universitas-trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/JIPGSD/article/view/232
Mudzaifah, E. U. Al. (2021). Peningkatan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui Manajemen Kelas di SD Negeri 2 Pasaleman Kabupaten Cirebon. In Tesis. Cirebon: IAIN Syekh Nurjati.
Mulyasa, E. (2017). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Munisah, E. (2020). Pengelolaan Media Pembelajaran Sekolah Dasar. Jurnal Elsa, 18(1), 23–32. https://doi.org/10.47637/elsa.v18i1.231
Rahman, D., & Husain, A. (2020). Motivasi Kerja Guru: Hubungan Realitas Iklim dan Budaya dengan Motivasi Kerja Guru Madrasah. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Salahudin, Akos, M., & Hermawan, A. (2018). Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Sumber Daya Manusia dan Sarana Prasarana di MTsN Banjar Selatan 2 Kota Banjarmasin. Jurnal Ilmu Administrasi Dan Manajemen, 2(1), 1–13. https://ejournal.stiabinabanuabjm.ac.id/index.php/administraus/article/download/18/9
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supradnyani, N. M., Natajaya, I. N., & Sunu, I. G. K. A. (2013). Kontribusi Kemampuan Manajemen Kelas, Etos Kerja dan Pemanfaatan Media Belajar terhadap Efektifitas Pembelajaran. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Administrasi Pendidikan, 4.
Waluyo, G. E., & Hadi, S. (2014). Pengaruh Penerapan Mbs, Pengelolaan Pembelajaran Dan Partisipasi Komite Sekolah Terhadap Mutu Pendidikan Sd/Mi. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 2(2), 159–173. https://doi.org/10.21831/amp.v2i2.2446
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).