Penerapan Arsitektur Perilaku dalam Perancangan Sekolah Tahfidzul Qur’an di Kabupaten Takalar

  • A Yunikha Citra Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Burhanuddin Amin Universitas Islam Negeri Alauddin makassar
    (ID)
  • Alfiah Alfiah
    (ID)
Kata Kunci: Arsitektur Islam; Islamic Center: Bulukumba; Integrasi budaya

Abstrak

Studi ini menginvestigasi penerapan prinsip-prinsip arsitektur Islam dalam desain Islamic Center di Kabupaten Bulukumba, Indonesia. Sebagai salah satu kabupaten yang konsen dengan kegiatan keagamaan, Bulukumba memerlukan wadah bagi masyarakat dan pemerintah dalam bentuk Pusat Kebudayaan Islam. Pusat Kebudayaan ini diharapkan mampu mengakomodir berbagai kegiatan sosial, pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan dakwah Islam, serta menjadi landmark budaya yang mencerminkan identitas spiritual dan komunal umat Islam. Studi ini menyoroti pentingnya integrasi pola-pola geometri dan bahan-bahan tradisional dalam menciptakan ruang-ruang yang mempromosikan nilai-nilai budaya Islam dan simbolisme sejarah, serta merancang fasilitas penunjang yang mendukung aktivitas tersebut. Kerangka kerja yang diusulkan mempertimbangkan prinsip-prinsip dasar Islam sebagaimana terdapat dalam Al-Qur’an dan Al-Hadist, yang disesuaikan dengan konteks lokal Bulukumba. Tujuan utama studi ini adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang bagaimana elemen-elemen arsitektural dapat memperkaya fungsionalitas dan signifikansi budaya Islamic Center, sambil memberikan sumbangan berharga dalam pengembangan arsitektur kontemporer di Indonesia.

Referensi

Al-Lahim, K. bin A. K. (2009). Mengapa Saya Menghafal Al-Qur’an. Metode Mutakhir Cara Cepat Menghafal Al-Qur‟ An.

Haryadi, & Setiawan. (1995). Arsitektur Lingkungan dan Perilaku; Suatu Pengantar ke Teori Metodologi. Jakarta: Proyek Pengembangan Pusat Studi Lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen.

Prasetyawan, Rony. (2016). Metode Menghafal Al-Qur’an Di Pondok Pesantren AlWafa Palangkaraya. Halaman 15–16.

Hefniy, H., & Jannah, R. (2019). Desain Kurikulum Program Tahfidzul Qur’an Berbasis Kearifan Lokal. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama, 3(2), 82–91.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Standar Sarana Dan Prasarana Untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI).

Sakti, H. F. B., Muizzah, S., & Wachidah, H. N. (2019). Pentingnya Pendidikan Al-Qur’an Guna Menumbuhkan Akhlak Terpuji Pada Anak Usia Dini Di Desa Bendunganjati Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto. Dalam Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat (hal. 179–184).

Fatah, Ahmad. (2014). Dimensi Keberhasilan Pendidikan Islam Program Tahfidz Al-Qur’an. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(2), 335–356.

Gilang, U., & Putra, K. (2017). Perancangan Pondok Pesantren Tahfidz Al-Karimah Di Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Online Mahasiswa Arsiektur Universitas Tanjungpura, 5(September 2017), 90–100.

Diterbitkan
2024-06-21
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 144 times

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

<< < 1 2 3