Eksplorasi Etnomatematika yang Terdapat dalam Corak Lipa’ Sa’be Mandar sebagai Sumber Belajar

  • Kiky Nakesya A.S UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Rusnah UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Adi Sulaiman M.Siddiq UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Andi Dian Angriani UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Alimuddin Tampa UIN Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: Etnomatematika, Corak Lipa’ Sa’be Mandar, Sumber Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi keterkaitan antara matematika dengan budaya yang terdapat pada corak Lipa’ Sa’be Mandar sebagai sumber belajar. Jenis penilitan yang digunakan yakni penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Subjek penelitian ini adalah warga Mandar bertempat di Desa Suruang Kecamatan Campalagian Kabupaten Polewali Mandar. Adapun instrumen yang digunakan yakni peneliti sendiri dan juga instrumen pendukung seperti panduan wawancara, akan tetapi wawancara berkembang menyesuaikan kebutuhan peneliti. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa sebagian dari pola pada Lipa’ Sa’be Mandar secara esensial terkait dengan bentuk-bentuk geometri bangun datar, terutama dalam motif yang disebut sure’ dan juga bagian dari motif bunga yang menampilkan unsur-unsur geometri bangun datar. Adapun corak Lipa’ Sa’be yang didalamnya terdapat konsep matematika geometri bangun datar yakni corak Lipa’ Sa’be Sure’ Padhadha, Sure’ Mara’ Dia, Sure’ Padada Saripa, Sure’ Bunga, serta Sure’ Batu Dadzima dengan bentuk persegi sedangkan ada sebagian variansi dari Lipa’ Sa’be Mandar yang di dalamnya memiliki corak dengan bentuk persegi panjang, segitiga, lingkaran, dan belah ketupat.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Afifah, D. S. N., Putri, I. M., & Listiawan, T. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Pada Batik Gajah Mada Motif Sekar Jagad Tulungagung. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 14(1), 101–112. https://doi.org/10.30598/barekengvol14iss1pp101-112.

Andriyani, I. A., Fitria, N. D., & Zuliana, E. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Bentuk Geometri Peninggalan Syekh Ahmad Muttamakkin. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 3(2), 181–194. https://doi.org/10.35878/guru.v3i2.867.

Ariyani, I. D. (2019). Peran Tenaga Pendidik Dalam Memberikan Pembelajaran Yang Bermakna Dengan Menggunakan Pendekatan Etnomatematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 77–84.

Azmi, N., Nurhaliza, S., Ula, D., Syifa, D., & Aprillia, R. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Dan Geometri Pada “Rumoh Aceh.” In Jurnal Pendidikan Matematika (Vol. 2, Issue 1).

Banase, S., Disnawati, H., & Nahak, S. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Kain Tenun pada Mayarakat Oeolo NTT untuk Mengungkapkan Konsep Matematis. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 86. https://doi.org/10.20527/edumat.v10i1.10698.

Busrah, Z., Pathuddin, H., Aras, A., & Buhaerah. (2023). Mathematical ability of Bugis community in designing Lipa’ Sabbe of Sengkang. Journal of Research and Advances in Mathematics Education, 8(1), 30-48. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v8i1.2524

Cahyadi, W., Faradisa, M., Cayani, S., & Santri Syafri, F. (2020). Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. In Academic Journal of Math (Vol. 02, Issue 02). http://journal.staincurup.ac.id/index.php/arithmetic/index.

Dhiki, Y. Y., & Bantas, M. G. D. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Sebagai Sumber Belajar Matematika di Kabupaten Ende. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2698. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4254.

Ekowati, D. W., Kusumaningtyas, D. I., & Sulistyani, N. (2017). Ethnomathematica dalam pembelajaran matematika (pembelajaran bilangan dengan media batik madura, tari khas Trenggal dan tari khas Madura). Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 716–721.

Hadija, & Yuniarti. (2022). Eksplorasi Etnomatematika yang Terdapat Dalam Corak Lipa’ Sa’be Mandar Terkait Geometri Bangun Datar. In Journal of Mathematics Learning Innovation (JMLI) (Vol. 1).

Harahap, L., & Mujib, A. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Pada Motif Batik Medan. In Journal Ability : Journal of Education and Social Analysis (Vol. 3, Issue 2).

Hartanti, S., & Ramlah, R. (2021). Etnomatematika: Melestarikan Kesenian dengan Pembelajaran Matematika. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7(2), 33–42.

Iskandar, D. (2021). Etnomatika Pada Permainan Setatak Sebagai Bahan Pembelajaran Bangun Datar. 4(2).

Janan, T., Dwi Warih Sitaresmi, P., Damayanti, R., & Nurhidayati. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Pada Masjid Al-Akbar Surabaya. AL JABAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika.

Kuswidi, I., Fajar Lestari, D., Arfinanti, N., Azka Pendidikan Matematika, R., Sunan Kalijaga Yogyakarta, U., & Marsda Adisucipto, J. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Layangan (Pemahaman Materi Bangun Datar Layang-Layang Dan Pengembangan Karakter). Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika (JPPM), 3(2). http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/jppm/index.

Loviana, S., Merliza, P., Damayanti, A., Mahfud, M. K., & Islamuddin, A. M. (2020). Etnomatematika pada kain tapis dan rumah adat Lampung. Tapis: Jurnal Penelitian Ilmiah, 4(1), 94–110.

Muslimin, T. P., & Rahim, A. (2021). Etnomatematika Permainan Tradisional Anak Makassar Sebagai Media Pembelajaran Geometri Pada Siswa Sd.

Panjaitan, K. (2023). Etnomatematika pada Gotong dan Bulang Pakaian Adat Simalungun.

Putri, J. K., Fitri, A., Rusliah, N., Yulia, P., Islam, I. A., & Kerinci, N. (2023). Eksplorasi Etnomatematika pada Motif Batik Incung Kerinci. In Academic Journal of Math (Vol. 05, Issue 02). http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/arithmetic/index.

Samad, I., Ahmad, H., & Febryanti, F. (2020). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis melalui Media Lipa’Sa’be Mandar. Sainsmat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 9(1), 57–70.

Septiana, W., Hikmah, N., Wulandari, N. P., & Prayitno, S. (2023). Eksplorasi Etnomatematika pada Motif Kain Tenun Desa Sukarara dan Implikasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1725–1736. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1569.

Setyawati, A., Sunni, J. F., & Soebagyo, J. (2023). Eksplorasi Etnomatematika dalam Permainan Tradisional Galasin di Jakarta pada Konsep Matematika. Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(1), 58–65. https://doi.org/10.30738/union.v11i1.12661.

Triani Purba, J., Fitriandika Sari, N., Sany Siagian, D., Maria Manalu, B., & Febriyanti Pasaribu, C. (2022). Inspeksi Etnomatematika Kain Ulos Sadum untuk Mengungkap Nilai Filosofi Konsep Matematika Geometri Bangun Datar.

Ulum, B., Teguh Budiarto, M., & Ekawati, R. (2018). Etnomatematika Pasuruan: Eksplorasi Geometri Untuk Sekolah Dasar Pada Motif Batik Pasedahan Suropati. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 4(2). http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD.

Wahyuni, E., & Suherman. (2023). Eksplorasi Nilai Budaya Mayarakat Suku Mandar Untuk Materi Matematika Sekolah Dasar. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd.

Diterbitkan
2024-05-31
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 191 times