Development Of An E-Module Assisted With Canva Oriented Higher Order Thinking Skills (HOTS) Momentum And Impulse Material

  • Thereziana M. Paden Universitas Papua
    (ID)
  • Sri Wahyu Widyaningsih Unipa
    (ID)
  • Sri Rosepda Br. Sebayang Universitas Papua
    (ID)
Kata Kunci: E-Module, Canva, HOTS

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbantuan Canva berorientasi HOTS materi momentum dan impuls menjadi e-modul yang valid, praktis dan efektif. Berdasakan hasil validasi oleh 3 pakar e-modul berbasis HOTS materi momentum dan impuls yang dikembangkan berbantuan Canva sangat valid dengan tingkat kevalidan . Berdasarkan penelitian peneliti terhadap respon siswa ketika e-modul telah di implementasikan dari data angket kepraktisan berada pada interval 87.88% sehingga kriteria kepraktisan e-modul, adalah sangat praktis. Dari uji efektivitas e-modul berdasarkan data angket efektivitas berada pada tingkat pencapaian 81,18%, sehingga kualifikasi efektivitas e-modul berdasatkan angket adalah baik atau efektif, dan berdasarkan analisis data ketuntasan siswa persentase ketuntasan siswa adalah 94%, sehingga e-modul dapat dikatakan efektif. Dari hasil analisis keseluruhan data yang peneliti dapatkan sehingga dapat di simpulkan bahwa e-modul berbasis HOTS materi momentum dan impuls yang dikembangkan berbantuan Canva sangat valid, sangat praktis dan efektif.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Anggara, B. (2020). Pengembangan Soal HOTS Sebagai Tes Diagnostik Miskonsepsi Matematis Siswa SMA. Journal of Mathematich Education, 2(2), 176-191.
Bashooir, K., Supahar. (2018). Validitas dan Reliabilitas Instrumen Asesmen Kinerja Literasi Sains Pelajaran Fisika Berbasis STEM. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 22(2), 219-230.
Beddu, S. (2019). Implementasi Pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 1(3), 71-82.
Fitriyani, L., Wiyatmo, Y. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran VLOG (Video Blogging) pada Materi Usaha dan Energi untuk Menumbuhkan Kemandirian dan Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Ngaglik. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(5), 427-435.
Fitriyanti, A., Yerimadesi. (2023). Efektivitas E-Modul Hidrokarbon Berbasis Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI Di SMAN 13 Padang. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(1), 730-735.
Herawati, N.S., Muhtadi, A. (2018). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Interaktif pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180-191.
Indriani, U. (2021). Penggunaan Aplikasi Canva untuk Berbagai Kebutuhan Desain. CSRID Journal, 13(3A), 125-135.
Kurniawan, R., Syafriani. (2021) Praktikalitas dan efektifitas Penggunaan E-Modul Fisika SMA Berbasis Guided Inquiry Terintegrasi Etnosains untuk Meningkatkan Berfikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Eksata Pendidikan, 5(2), 135-141.
Manalu, J. B., Sitohang, P., Turnip N. H. H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Mahesa Center, 1(1), 80-86.
Muslim, A., Ibrahim F., Muliadi. (2022). Desain dan Uji Coba E-modul Kimia Berbasis Flip PDF Corporate pada Materi Titrasi Asam Basa Kelas XI SMK Muhammadiyah Negeri 1 Halmahera Tengah. Jurnal Pendidikan MIPA, 7(1), 1-5.
Nissa, I. C. (2022). Edukasi Integrasi HOTS dalam Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka pada Guru SD Program PPG. Indonesian Journal Of Community Service, 2(4), 341-349.
Rikizaputra., Dkk. (2021). Meta-Analisis: Validitas dan Praktikalitas Modul IPA Berbasis Sintifik. Jurnal Pendidikan Biologi, 8(1), 45-56.
Riyadi, S., Qamar, K. (2017). Efektivitas E-modul Analisis Real pada Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Kejuruhan Malang. Supremum Journal of Mathematics Education, 1(1), 31-40.
Sari, I. P. (2018). Implementasi Model ADDIE dan Kompetensi Kewirausahaan Dosen terhadap Motivasi Wirausaha Mahasiswa. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 6(1), 83-94.
Thahirah., W. A. A., Syafrill. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Hypercontent Pada Mata Pembelajarn Bimbingan Ti&K Kelas IX SMP. Jurnal Penelitian Dan Pengamdian Masyarakat, 2(5), 488-496.
Undang-Undang RI. 20-2003. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: DEPDIKNAS
Utama, N., Zulyusri. (2022). Meta-Analisis Praktikalitas Penggunaan E-modul oleh Guru dan Peserta Didik Dalam Pembelajaran. Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 9(1), 27-33.
Diterbitkan
2025-04-13
Abstrak viewed = 78 times