ANALISIS KESULITAN BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH PADA PEMBELAJARAN PAI
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kesulitan belajar dan faktor-faktor
penyebab kesulitan belajar mahasiswa PGMI B angkatan 2017 pada mata kuliah
pembelajaran PAI di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan
pendekatan pedagogik dan sosiologi. Penelitian dilakukan di Fakultas Tarbiyah dan
Keguruan UIN Alauddin Makassar dengan subjek penelitianya yaitu mahasiswa PGMI
B angkatan 2017 yang berjumlah sepuluh orang. Metode pengumpulan data yang
digunakan pada penelitian ini yakni dengan melakukan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kesulitan belajar yang
dialami oleh mahasiswa PGMI B angkatan 2017 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN
Alauddin Makassar pada mata kuliah Pembelajaran PAI yaitu kesulitan dalam
memahami materi Pembelajaran PAI, kesulitan dalam mengingat materi yang
diajarkan dan metode pembelajaran yang digunakan monoton. Terdapat dua faktor
yang menyebabkan kesulitan belajar yakni faktor internal dan eksternal. Faktor internal
terdiri dari kondisi kesehatan atau gangguan fisik yang terganggu, rendahnya minat
belajar, serta kurangnya motivasi belajar sedangkan faktor eksternal mahasiswa
dipengaruhi dari lingkungan belajar di universitas, metode pembelajaran yang
digunakan kurang bervariasi, keadaan ruang belajar yang kurang nyaman.