Peran Perpustakaan dalam Menunjang Proses Belajar Mengajar Siswa dan Tenaga Pendidik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Madiun

  • Widya Putri Universitas Terbuka
    (ID)
  • Nasrullah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Majidah Universitas Terbuka
    (ID)
  • Nanang Hermawan Universitas Negeri Makassar
    (ID)
  • Fauzan Hidayatullah Universitas Negeri Makassar
    (ID)
  • Tawakkal Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Azaz Akbar Universitas Muhammadiyah Buton
    (ID)
Kata Kunci: Peran Perpustakaan; Perpustakaan Sekolah; Proses Belajar Mengajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya apa saja yang dilakukan oleh Perpustakaan Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Madiun serta kendala apa yang dihadapi dalam menjunjang proses belajar mengajar siswa dan tenaga pendidik di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan upaya yang dilakukan Perpustakaan Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Madiun yang berperan sebagai penunjang proses belajar mengajar siswa dan tenaga pendidik adalah dengan melakukan kegiatan promosi perpustakaan, menerapkan program rolling buku, wajib kunjung perpustakaan, menyediakan media alat peraga sebagai penunjang pembelajaran, menyediakan layanan e-book¸serta layanan koleksi khusus guru. Kendala yang dihadapi oleh perpustakaan dalam upaya menunjang proses belajar siswa dan tenaga pendidik adalah terbatasnya jam istirahat serta kecenderungan dan ketertarikan siswa pada penggunaan teknologi gadget lebih besar dibandingkan membaca buku fisik. Dengan adanya kendala yang dihadapi, diharapkan Perpustakaan Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Madiun dalam upaya menunjang proses belajar mengajar siswa dan tenaga pendidik dapat berinovasi dengan menerapkan program kegiatan yang lebih menarik, salah satunya melalui permainan edukatif dengan tujuan agar siswa semakin tertarik untuk berkunjung dan memanfaatkan fasilitas yang ada di perpustakaan.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Alamsyah, N., Ahmad, I. I., Susilawati, A., & Aeni, A. N. (2022). Pemanfaatan E-Book Interaktif" Kepemimpinan Khulafaur Rasyidin" Untuk Meningkatkan Pengetahuan Anak SD Kelas 6. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(5), 1249-1272. https://journal-nusantara.com/index.php/JIM/article/view/260

Aprianti, R., & Madeten, S. S. (2019). Peranan Perpustakaan Sekolah di SMA Muhammadiyah 1 Pontianak dalam Menunjang Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(9). http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v8i9.36106

Asari, Andi et. all. (2022). Manajemen Perpustakaan. Get Press.

Aswari, R., Iswanto, R., & Rizkyantha, O. (2023). Peran Perpustakaan Sekolah Dalam Penyediaan Sumber Belajar Peserta Didik Di Man Rejang Lebong (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Curup). http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4238

Daliani, M., Ompusunggu, V. D. K., & Tarigan, S. C. L. B. (2022). Analisis Peran Antara Perpustakaan Sekolah dengan Literasi Digital dalam Menunjang Proses Belajar Mengajar di Lingkungan Sekolah. Jurnal Curere, 6(2), 32-40. http://dx.doi.org/10.36764/jc.v6i2.833

Eskha, A. (2018). Peran Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Imam Bonjol: kajian Ilmu Informasi dan Perpustakaan, 2(1), 12-18. https://journal.pustakauinib.ac.id/index.php/jib/article/view/25

Fatmawati, Endang. (2021). Layanan Perpustakaan Sekolah: Panduan Bagi Pemula. Deepublish Publisher.

Harahap, W. R. (2021). Penerapan strategi promosi perpustakaan. JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi), 6(1), 103-116. http://dx.doi.org/10.30829/jipi.v6i1.9314

Khasiati, N. (2021). Peran Perpustakaan Sekolah dalam Mendukung Proses Pembelajaran di SMPIT Alfarisi Sleman DIY. Khazanah Intelektual, 5(1), 987-1007. https://doi.org/10.37250/newkiki.v5i1.91

Mamonto, W., Londa, N. S., & Pasoreh, Y. (2018). Peranan Perpustakaan Sebagai Penunjang Kegiatan Belajar Siswa di SMKN 6 Manado. Acta Diurna Komunikasi, 7(4). https://doi.org/10.37250/newkiki.v5i1https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/20988.91

Mulyadi. (2021). Pengelolaan Otomasi Perpustakaan Berbasis Senayan Library Management System (SLIMS). PT Raja Grafindo Persada.

Nasrullah, N. (2020). Penerapan Gerakan Literasi Sekolah Dalam Meningkatkan Budaya Literasi Siswa SMP dan SMA di Bosowa School Makassar. Jurnal Nalar Pendidikan, 8(1), 73-80. https://doi.org/10.26858/jnp.v8i1.13970

Ninsik Fitri, W., Gunawan, G., & Marleni, M. (2023). Peranan Perpustakaan Sekolah Dalam Menunjang Mutu Pendidikan di SD Negeri Pulau Kidak (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Curup). http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3948

Rahmah, Elva. (2018). Akses dan Layanan Perpustakaan: Teori dan Aplikasi. Kencana.

Sara, Yunda et. all. (2021). Kreativitas, Inovasi, dan Keunikan sebagai Daya Tarik Perpustakaan. Penerbit Pustaka Rumah C1nta.

Syahdan, S., Ridwan, M. M., Ismaya, I., Aminullah, A. M., & Elihami, E. (2021). Peranan Perpustakaan dalam Mendukung Proses Pembelajaran Siswa Madrasah Aliyah Ma’had.

Syam, R. Z. A., Indah, R. N., & Fadhli, R. (2021). Perpustakaan sekolah sebagai sumber informasi guru dalam meningkatkan proses pembelajaran di Madrasah Aliyah. Pustabiblia: Journal of Library and Information Science, 5(1), 151-169. https://doi.org/10.18326/pustabiblia.v5i1.151-169

Supriyanto, H. (2019). Strategi Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Perpustakaan: Studi Analisis Persepsi Pemustaka tentang Efektifitas Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Layanan Perpustakaan UIN Sunan Ampel. Indonesia Journal of Academic Librarianship, 3(3), 33-45. http://journals.apptisjatim.org/index.php/ijal/article/view/66/34

Walyyunita, R., Indriati, D. K., Mustanfidah, A., & Fitriana, A. (2021). Dampak Gedget Terhadap Minat Baca Peserta Didik SD/MI: Pengaruh Gadget. In Semai: Seminar Nasional Pgmi (Vol. 1, No. 1, pp. 555-568).

Yenianti, I. (2019). Promosi Perpustakaan Melalui Media Sosial di Perpustakaan IAIN Salatiga. Pustabiblia: Journal of Library and Information Science, 3(2), 223-237. https://doi.org/10.18326/pustabiblia.v3i2.223-237

Diterbitkan
2025-03-07
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 48 times